oleh

Pemda Kota Cirebon Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

Citrust.id – Pemerintah Daerah Kota Cirebon meraih penghargaan Swasti Saba Wistara. Piagam penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri, Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D., Selasa (19/11).

Wali Kota Azis menyampaikan, Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan tertinggi di bidang kesehatan lingkungan yang diberikan kepada kota dan kabupaten di Indonesia.

Aspek yang dinilai di antaranya tatanan pemukiman, sarana dan prasarana umum, tertib lalu lintas, pelayanan transportasi, industri dan perkantoran sehat. Selain itu, pariwisata sehat, pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri serta sosial yang sehat.

Dikatakan Azis, penghargaan tertinggi di bidang kesehatan tersebut membuktikan masyarakat Kota Cirebon mampu menerapkan pola hidup sehat baik diri sendiri, keluarga dan lingkungannya.

“Masyarakat Kota Cirebon sudah mengerti bagaimana menjaga perilaku hidup sehat,” ungkap Azis.

Sementara itu, Mendagri Tito menjelaskan, kesehatan merupakan aspek sentral dalam pembangunan. Dalam lima program prioritas nasional, poinnya ada pada pembangunan kualitas sumber daya manusia.

Pembangunan sumber daya manusia itu selain ditopang oleh aspek pendidikan formal dan nonformal juga ditunjang dengan aspek kesehatan.

“Bagaimana mungkin membentuk SDM yang unggul dan terampil jika sumber daya manusianya tidak sehat, baik fisik, mental maupun spiritual,” tegas Tito. (Haris)

BACA JUGA:   Sebanyak 25 Truk Ditilang karena Melebihi Kapasitas Muatan

Komentar

News Feed