oleh

Cerita Menggelitik Rokok Favorit Bung Besar Sukarno

Ilustrasi

Cirebontrust.com – Pernah mendengar istilah “Lebih baik nggak makan daripada nggak merokok…”? Bicara soal rokok, Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno juga perokok serius.

Pengawal pribadi Soekarno, Mangil Martowidjojo, menuturkan bahwa rokok favorit Bung Karno adalah merek State Ekspres 555 yang biasa disebut triple five atau five five five. Rokok yang dulu diproduksi Ardath Tobbaco Company sudah sulit ditemui di Indonesia saat ini.

Kebiasaan Bung Karno, sehabis makan mencuci mulutnya dengan buah. Setelah itu baru mengambil sebatang 555 dari kaleng dan mulai merokok. Uniknya, Soekarno jarang merokok sampai dekat ke puntung. Biasa baru di tengah sudah dimatikan.

Suatu ketika, dalam satu kunjungan Bung Karno keluar negeri. Sehabis makan, Bung Karno ingin merokok. Namun, rokok 555 di kaleng sudah habis. Dia pun heran.

Para pengawal Bung Karno salah tingkah dan tersenyum malu. Rupanya, rokok yang dipegang pengawal itu juga diambil oleh para pengawal. Walau begitu Presiden Sukarno tidak marah.

Selepas kejadian itu Mangil Martowidjojo yang diserahi tugas memegang kaleng rokok presiden. Alasannya satu: Mangil tak merokok! Sehingga rokoknya awet. (Net/CT)

BACA JUGA:   Anggota Dewan Soroti Kepekaan Pemkab Kuningan terhadap Warga tak Mampu

Komentar

News Feed