oleh

Ketika Rokok Karibkan Bung Karno dengan Para Pemimpin Dunia

Ilustrasi

Cirebontrust.com – Lini massa sedang ramai-ramainya membahas wacana kenaikkan harga rokok di Indonesia sampai Rp50.000. Sedikit bergeser ke masa lalu, ada kisah menarik dari Presiden Soekarno soal rokok.

Potretnya bisa ditemukan dengan mudah hanya dengan sekali klik mesin mencari di internet. Beberapa foto menunjukkan betapa nikmatnya Bung Karno berbagi rokok dengan para pemimpin dunia. Misal, di sela-sela sidang bersama Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru.

Nehru adalah salah satu orang yang paling berjasa di awal kemerdekaan Indonesia. Saat Belanda memblokade wilayah Indonesia dari luar, India membantu mengirimkan obat-obatan dan berbagai bantuan lain untuk perjuangan Indonesia.

Sukarno dan Nehru berteman baik. Keduanya sama-sama founding father atau bapak bangsa bagi negaranya masing-masing. Nehru dan Sukarno sama-sama ingin menciptakan Asia yang bebas dari kolonialisme.

Lalu ada lagi foto Presiden Sukarno dan pemimpin Uni Soviet Nikita Kruschev merokok. Periode 1960an, Soekarno memaki-maki Amerika Serikat yang dianggap mendikte Indonesia. Bantuan dari AS dinilai tidak tulus karena AS banyak maunya.

Maka saat Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur menawarkan bantuan, Sukarno langsung menyambutnya.

Mulai dari pesawat tempur, pesawat pembom, kapal selam, kapal patroli hingga rudal anti serangan udara. Indonesia sempat menjadi negara paling kuat di Asia tahun 1960an.(Net/CT)

BACA JUGA:   Pakai Sarung, Acep Purnama Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri di Kuningan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed