oleh

Sungai Meluap, Ratusan Nelayan Suranenggala Sering Gagal Melaut

Cirebontrust.com – Ratusan nelayan dari Desa Suranenggala Kulon dan Desa Surenanggala Kidul, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon sering tak bisa melaut. Hal itu lebih disebabkan kondisi sungai tempat bersandarnya perahu mereka sering meluap.

Menurut Ketua Koprasi Sambung Mulyo, Suherwan alasan para nelayan gagal melaut yakni terganggu dengan kondisi di bawah jembatan terdapat sebuah pondasi jembatan yang tidak dipakai, sehingga ketika nelayan yang akan melewati jalur tersebut sangat terganggu bisa terbentur baling baling perahu, ketika air pasang dan surut.

“Nelayan juga keluhkan di ujung muara, sungai Karang Sambung, untuk saat ini sangat dangkal ketika air surut. Perahu susah untuk melaju dan ketika air sungai meluap perahu merasa kesusahan untuk keluar masuk di ujung muara dikarenakan posisi muara sungai berkelok kelok tidak lurus,” jelasnya.

Terlebih saat ini, kata dia musim hujan yang sering banjir akibat hujan yang lebat. Nelayan gagal melaut, meski di daerah Suranenggalan tidak hujan, namun sungai mendadak meluap di karenakan ada banjir kiriman dari wilayah barat.

“Kami mohon kepada Bupati Cirebon dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon, juga dinas terkait mohon dengarkan keluhan para nelayan,” ujar Suherwan. (Sukirno Raharjo)

BACA JUGA:   Terkait Reklasifikasi, Komisi II Beri Saran PAM Tirta Giri Nata

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed