oleh

Sepatu Hak Tinggi Berisiko Sebabkan Kanker?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Profesor di bidang kedokteran dari Universityof Southern California, Dr David Agus, sebelumnya sudah menyoroti hubungan antara sepatu hak tinggi dengan kanker. Dalam bukunya A Short Guide To A Long Life, Dr Agus mengatakan bahwa inflamasi pada pergelangan kaki yang disebabkan oleh penggunaan sepatu hak tinggi dalam jangka panjang dapat memicu terjadinya kanker.

Sepatu hak tinggi yang tidak nyaman dikenakan memang dapat memicu terjadinya inflamasi berskala rendah. Kondisi ini disebabkan oleh dampak dari penggunaan sepatu hak tinggi yang memaksa tubuh untuk berada dalam postur tidak natural saat berdiri dan berjalan.

Inflamasi pada dasarnya merupakan proses alami tubuh untuk melakukan penyembuhan. Hanya saja, jika inflamasi ini terjadi dalam waktu lama dan semakin kronis, maka masalah kesehatan yang lebih besar akan timbul. Sayangnya, jarang disadari bahwa penggunaan sepatu hak tinggi setiap hari merupakan salah satu penyebab timbulnya inflamasi yang berlangsung dalam waktu lama.

Meski temuan Dr Agus belum sepenuhnya memiliki pembuktian ilmiah, tak ada salahnya untuk mengurangi penggunaan sepatu hak tinggi agar risiko inflamasi bisa dikurangi. Penggunaan sepatu atau alas kaki yang datar dapat menjadi alternatif pengganti sepatu hak tinggi yang lebih nyaman dan mendukung postur alami tubuh. (Net/CT)

BACA JUGA:   Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Kabupaten Cirebon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed