oleh

Komisi C DPRD Kota Cirebon Desak Aktivitas Bongkar Muat Batubara Ditutup Total

CIREBON (CT) – Meskipun sudah ditutup sementara, aktivitas bongkar muat batubara di Pelabuhan Cirebon terus didesak oleh anggota Komisi C DPRD Kota Cirebon, Jafarudin agar ditutup total, dengan alasan pemenuhan hak kesehatan bagi peserta didik. Menurutnya, terdapat ribuan siswa yang terdampak oleh polusi debu batubara di Pelabuhan Cirebon.

“Komisi C akan terus berjuang sekuat tenaga agar rekomendasi penutupan bongkar muat batubara tetap diberlakukan, demi kesehatan di dunia pendidikan,” ujar Jafarudin kepada CT, Sabtu (09/01).

Jafarudin menambahkan, di sekitar Pelabuhan Cirebon terdapat ribuan siswa yang terdampak debu batubara. Sebab itu pihaknya berharap agar Pemerintah Kota Cirebon dan DPRD tetap berjuang demi menyelamatkan generasi penerus bangsa.

“Kami harap Pemkot dan Wakil Rakyatnya terus berjuang demi menyelamatkan anak cucunya untuk mendapatkan hak, yaitu kesehatan di dunia pendidikan yang sudah puluhan tahun terampas oleh debu batubara,” kata Jafar.

Lebih lanjut Jafar menambahkan, aktivitas bongkar muat batubara di Pelabuhan seharusnya ditutup total, sebab menurutnya DPRD Kota Cirebon dan Pemkot Cirebon merekomendasikan untuk ditutup. Menurut Jafar, Kementerian Perhubungan harus bisa menjelaskan secra resmi disertai alasan yang kuat apabila penutupan tersebut bersifat sementara.

“Sebab DPRD Kota Cirebon membuat keputusan rekomendasi tersebut melalui langkah yang cukup panjang, berdasarkan kajian dan investigasi di lapangan dengan waktu yang cukup lama. Kalau jawaban dari Kemenhub seperti itu, ya harus bisa memberikan argumentasi ke DPRD dan Pemkot secara langsung, berhadapan, bertatap muka, dan adu argumentasi,” tambah politisi Partai Hanura tersebut. (M. Iskandar)

Komentar

News Feed