oleh

Apa itu Meme? Ini Asal-Usulnya

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Bagi yang sering bermain internet, kata meme sudah tidak asing lagi didengar. Banyak orang yang mengucapkan, menyindir, atau mengungkapkan sesuatu dibuat dengan meme. Ternyata, penyebaran meme cukup efektif untuk menyampaikan pesan atau maksud si pembuat. Pertanyaannya, asal-usul meme dari mana?

Meme atau Mimema adalah neologisme yang dikenal sebagai karakter dari budaya,  termasuk di dalamnya gagasan, perasaan, ataupun perilaku (tindakan). Sebagai unit terkecil dari evolusi budaya, dalam beberapa sudut pandang mimema serupa dengan gen.

Richard Dawkins, dalam bukunya The Selfish Gene, ia menceritakan bagaimana dirinya menggunakan istilah meme untuk menceritakan bagaimana prinsip Darwinisme untuk menjelaskan penyebaran ide ataupun fenomena budaya. Dawkins juga memberi contoh mimema, yaitu nada, kaitan dari susunan kata, kepercayaan, gaya berpakaian dan perkembangan teknologi.

Contoh meme di antaranya; Me Gusta, Bitch Please, You Don’t Say, Forever Alone, Meme OMG dan, masih banyak yang lainnya. Semuanya menggambarkan perasaan seperti senang, sedih, meledek, atau apapun. (Net/CT)

 

BACA JUGA:   Bung Wowo Pimpin GMNI Kuningan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed