oleh

Wow! Pelangi ini Melengkung Ke Atas

lustrasi

CIREBON (CT) – Jika pelangi yang biasanya kita lihat melengkung ke bawah. Ternyata ada juga bentuk pelangi yang melengkung ke atas. Konon, beberapa orang menyebutnya “Pelangi Terbalik”.

Pelangi terbalik terbentuk karena pembiasan cahaya melalui kristal es pada awan yang ada di dataran tinggi. Istilah yang benar dalam fenomena meteorologi ini adalah Circumzenithal Arc. Fenomena Circumzenithal Arcini sendiri termasuk dari Halos atau fenomena optik karena interaksi cahaya dengan kristal es.

Untuk pembentukan Circumzenithal Arc, kristal es harus dalam posisi tertentu menghadap ke matahari. Cahaya harus masuk melalui sisi atas kristal es yang bentuknya rata dan keluar melalui sisi yang berbentuk prisma. Agar peristiwa ini terjadi matahari harus berada di ketinggian di bawah 32 derajat dan pembentukan sinar matahari berada pada 22 derajat di atas cakrawala.

Lantaran pembentukannya harus melalui kristal es maka “Pelangi Terbalik” ini hanya bisa terjadi di negara yang memiliki iklim dingin. Dengan begitu negara beriklim sedang atau tropis tidak bisa mendapatkan pemandangan unik ini. Seperti yang pernah terjadi di Cambridge, Inggris. (Net/CT)

BACA JUGA:   Anak Kampung Mbaca Antusias Belajar Alat Musik Tradisional

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed