oleh

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Dari sekian banyaknya aktivitas, mata paling banyak gunakan. Maka perlu dilakukan perawatan khusus. Coba kita bayangkan, setiap saat kita bekerja berjam-jam di depan komputer, atau menonton televisi, membaca buku, dan banyak sekali aktifitas lainnya. Kita tidak menyadari betapa beratnya mata kita telah bekerja. Banyak cara untuk merawat mata. Tapi yang terpenting adalah membuat mata kita sejenak beristirahat dari rutinitas. Istirahat di sini bukan berarti saat kita sedang tidur.

Agar mata selalu sehat, jangan lakukan kegiatan berikut.

  1. Jangan terlalu dekat ketika nonton tv, main game atau membaca buku Nonton tv leyar lebar memang lebih asyik, tapi lebih tidak menyehatlkan terutama bagi mata anak-anak.
  2. Jangan terlalu lama menggunakan komputer, televisi atau main game.
  3. Jangan menggosok mata secara kasar dan berlebihan. Ketika mata terasa gatal atau kemasukan benda asing, secara automatis akan menggosoknya atau mengucek-nguceknya. Lakukan hal ini secara hati-hati, jangan terlalu kasar dan berlebihan.
  4. Hindari debu dan polusi ketika beraktivitas di luar ruangan, misalnya di jalan raya atau di area pabrik, sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.
  5. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A. Mata perlu dijaga kesehatannya, antara lain dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung banyak vitamin A. Wortel, alpukat, tomat, dan pepaya merupakan sayur dan buah yang baik sekali untuk menjaga kesehatan mata. (Net/CT)
BACA JUGA:   Operasi Zebra Lodaya 2019 Berlaku Mulai Hari Ini

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed