oleh

Teleskop NASA Tangkap dan Rekam Komet Terbang Dekati Bumi

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Badan antariksa Amerika Serikat atau NASA merilis sejumlah foto dari sebuah komet yang melintasi Bumi dalam jarak yang dekat. Ditangkap oleh teleskop Hubble milik NASA, komet 252P/LINEAR adalah komet yang berhasil terbang melintasi Bumi dengan jarak yang terbilang sangat dekat.

Foto-foto yang berhasil diperoleh oleh NASA dijepret oleh Hubble pada 4 April kemarin, sedangkan Komet 252P/LINEAR berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi pada 21 Maret.

Komet ini berada di jarak 5,3 juta kilometer, atau urutan ke-lima jarak terdekat antara benda antariksa dengan Bumi. Diketahui jarak 5,3 juta kilometer itu sama seperti jarak 14 kali antara Bumi dengan Bulan.
Komet 252P/LINEAR yang melintasi Bumi di jarak 5,3 kilometer berhasil ditangkap oleh teleskop Hubble.

Inti komet itu sangat kecil sehingga Hubble tidak bisa menangkapnya. Tim astronom pun meyakini ukurannya kurang dari 1,6 kilometer. Terkadang ukuran komet bisa sebesar sebuah kota kecil. Inti komet yang disebut nucleus pun biasanya memiliki luas 9,6 kilometer. Jadi, inti komet 252P/LINEAR ini bisa dibilang mungil.

Komet 252P/LINEAR saat ini sedang terbang menjauhi Bumi dan akan kembali ke arah planet ini pada 2021 sesuai orbit yang ‘menariknya’ lagi ke dalam sistem tata surya. Namun di masa depan komet ini tidak akan berada di jarak yang dekat seperti sebelumnya. (Net/CT)

BACA JUGA:   Jadi Tersangka Penembakan, Anak Bupati Majalengka Jalani Pemeriksaan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed