oleh

Sunjaya Ajak Warga Amalkan Nilai Luhur Pancasila

Cirebontrust.com – Untuk pertama kalinya, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila diselenggarakan oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Cirebon, Kamis (01/06).

Bupati H Sunjaya Purwadisastra yang membacakan sambutan dari Presiden Joko Widodo mengatakan, upacara ini untuk meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Saya ajak masyarakat untuk mengamalkan nilai Pancasila sebagai pemersatu kebhinekaan di nusantara,” tukas Sunjaya.

Menurutnya, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 yang kemudian dipidatokan oleh Ir Sukarno, piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila pada tanggal 18 Agustus 1945.

“Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,” ucap Sunjaya.

Sunjaya menambahkan, masyarakat juga harus mengingat jika kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman.

“Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu-padu membentuk Indonesia. Itulah Ke-Bhineka Tunggal Ika-an kita,” imbuhnya. (Iskandar)

BACA JUGA:   Penjambret HP Pelajar Diringkus Polisi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed