oleh

Sundial, Jam Matahari Tertua di Dunia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Pernahkah Anda bertanya, mengapa jarum jam berputar ke arah kanan? Asal mula arah perputaran jarum jam terkait dengan penemuan jam itu sendiri. Pada jaman dahulu bangsa-bangsa peradaban besar seperti Mesir, Romawi, Yunani, Babilonia, dan Cina sudah mengenal penunjuk waktu dengan menggunakan jam. Tentu bukan seperti jam mekanik layaknya jaman sekarang tapi menggunakan jam matahari atau sundial.

Jam tertua  di dunia ini adalah jam untuk mengetahui waktu dengan berpatokan pada perubahan posisi panjang bayangan tongkat yang di tanam di permukaan tanah. Digunakan sejak 2000 SM sampai jam mesin dibuat pada abad 17 sebagai cara yang tepat untuk mengetahui waktu. Di Bumi bagian utara, matahari terbit dari Timur, melewati Selatan, kemudian terbenam di barat (sebelah kiri), tepat siang hari ada di utara dan bayangan di sore hari ada di timur (sebelah kanan). Dari pergerakan bayangan inilah arah perputaran jam mesin dibuat ke kanan.

Bukan hanya jam, benda-benda lain yang berputar juga banyak yang perputarannya ke arah kanan. Misalnya alat penimbang berat badan,thermometer, speedometer di mobil dan banyak lagi. (Net/CT)

BACA JUGA:   Cucu Mantan Bupati Kuningan Beri Bantuan Kendaraan Roda Tiga

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed