oleh

Sidak Proyek Gedung Disdukcapil, Komisi II Soroti Kekuatan Rangka Besi Coran

Citrust.id – Sejumlah anggota Komisi II DPRD Kota Cirebon meninjau proyek pembangunan gedung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon, di Jalan Brigjen Dharsono Komplek Bima, Jumat (8/11).

Peninjauan dilakukan, lantaran bagian samping bangunan mengalami ambruk hingga reruntuhan bangunan merusak kabel di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A), Selasa (5/11) dini hari. Selama peninjauan dilakukan, Komisi II DPRD Kota Cirebon didampingi kontraktor dan konsultan proyek.

Anggota Komisi II Heriyanto mengatakan, ambruknya sebagian bangunan proyek, karena faktor kondisi tanah yang gembur dan pengikatan besi kerangka beton yang kurang baik.

“Setelah mendapat keterangan dari konsultan dan tim teknis mengapa bisa ambruk, kami melihat penyebabnya karena tidak mengantisipasi kondisi tanah yang gembur dan juga cara pengikatannya yang kurang aman,” ujarnya.

Heriyanto juga menilai, cara mengikat besi kerangka beton yang telah dilakukan pekerja kurang aman. Karena hanya ada satu pengikat. Sehingga disarankan agar mengulang kembali mengikat besi.

“Cara pengikatan besinya kurang baik. Cara pengikatannya tunggal, idealnya double dan menyilang. Agar lebih aman, sebaiknya dilakukan pengikatan ulang,” sarannya.

Komisi II meminta kepada konsultan dan kontraktor proyek, yakni PT Wulan Cipta Sejati, agar proses pembangunan gedung dapat kerjakan dengan baik, secara teliti dan maksimal agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Kita berharap, proyek ini bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan target penyelesaian, yakni hingga akhir Desember 2019. (Aming)

BACA JUGA:   Peringati Maulid Nabi, Warga Kawunggirang Gelar Festival Gebrag Ancak

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed