oleh

Sebanyak 1.958 Linmas Kota Cirebon Ikuti Bimtek Pemilu

Citrust.id – Selama lima hari, 18-22 Februari, sebanyak 1.958 Linmas Kota Cirebon dapat bimbingan teknis (bimtek) Pemilu dari Satpol PP Kota Cirebon di Gedung Korpri, Kota Cirebon.

Pada hari pertama, bimtek dilakukan untuk 672 Linmas Kecamatan Harjamukti. Esok harinya, pelatihan untuk 446 Linmas Kesambi dilanjutkan 192 Linmas Pekalipan lalu 378 Linmas Lemahwungkuk serta hari terakhir 272 Linmas Kejaksan.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Agus Mulyadi, menjelaskan, Linmas memiliki peran strategis untuk menyukseskan pemilu, khususnya di tingkat TPS dan penghitungan di tingkat PPK.

Keberadaan mereka juga bisa mengingatkan anggota KPPS jika terjadi kesalahan prosedur. Linmas pun bisa mengendalikan situasi ketertiban dan keamanan di tingkat TPS.

“Dengan bimtek ini diharapkan mereka mengetahui apa yang harus dilakukan dan dikerjakan jika terjadi gangguan keamanan dan ketertiban,” terang Agus.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Cirebon, Andi Armawan, menjelaskan, dalam bimtek ini mereka mengundang pemateri dari berb agai unsur, seperti TNI, Polri, Satpol PP serta Bawaslu dan KPU Kota Cirebon.

Dijelaskan Andi, pada Pemilu 2019, Linmas bertugas di 979 TPS. Mulai dari pemanggilan pemilih untuk masuk hingga keluar TPS.

Masing-masing TPS ditempati dua anggota Linmas. Di tiap TPS nakan ada sembilan orang, masing-masing terdiri dari tujuh anggota KPPS ditambah dua anggota Linmas.

“Untuk itu, diperlukan kesamaan persepsi untuk menghindari kemungkinan kesalahan yang bisa saja terjadi,” ucap Andi. /haris

BACA JUGA:   Wedding Organizer Kuningan Simulasikan Resepsi Pernikahan pada Masa Pandemi Covid-19

Komentar

News Feed