oleh

Pertahankan Universal Health Coverage, Pemkot Cirebon Komitmen Beri Jaminan Kesehatan Berkualitas

Citrust id – Pemerintah Kota Cirebon kembali pertahankan capaian Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage pada awal tahun 2024.

Kepastian tersebut didapat setelah jumlah Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Cirebon mencapai 353.876 jiwa, dari penduduk semester I tahun 2023 sebanyak 348.912 jiwa atau 101,42 persen.

Selain itu, tingkat keaktifan peserta JKN di Kota Cirebon telah mencapai angka 90,61 persen. Predikat Universal Health Coverage itu merupakan pencapaian yang diperoleh Pemerintah Daerah Kota Cirebon sejak tahun 2017.

Acara simbolis penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja antara BPJS Kesehatan Cabang Cirebon dengan Pemerintah Daerah Kota Cirebon berlangsung di aula Rumah Sakit Daerah Gunung Jati, Kota Cirebon, Kamis (18/1/2024).

Pada kesempatan itu, Pj. Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi menuturkan, saat ini, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan banyak yang merasakan manfaat Program JKN. Oleh karenanya, sudah menjadi kewajiban untuk bersinergi mendukung penyelenggaraan Program JKN yang optimal.

“Alhamdulillah, Kota Cirebon terus dapat pertahankan Universal Health Coverage dengan keistimewaan sejak tahun 2017. Hal itu sebagai bentuk komitmen bersama, membangun sinergi memberikan jaminan kesehatan dan pelayanan kesehatan terbaik yang bermanfaat kepada penduduk Kota Cirebon sesuai segmentasinya,” jelasnya.

Agus Mulyadi pun berharap, Universal Health Coverage di Kota Cirebon dapat terus diimbangi dengan peningkatan sarana dan prasarana, serta kualitas pelayanan kesehatan yang memadai. Sehingga semua orang memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan kuratif dan rehabilitatif, maupun pelayanan promotif dan preventif yang efektif.

“Semoga, pencapaian ini menjadi semangat bagi kita semua untuk sama-sama mewujudkan masyarakat Kota Cirebon yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan yang sehat, serta menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkeadilan, untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Plh. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Ni Ketut Sri Budiani menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam mendukung penyelenggaraan Program JKN serta menyehatkan penduduk di Kota Cirebon.

Ni Ketut Sri Budiani berharap, yang Pemerintah Kota Cirebon lakukan dapat menjadi penyemangat bagi pemerintah daerah lainnya, untuk dapat bersama-sama mewujudkan Universal Health Coverage bagi seluruh penduduknya.

“Dukungan dari pemerintah daerah merupakan salah satu kunci dalam menyukseskan Program JKN. Oleh karenanya, kami menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama, sinergi, dan kolaborasi yang telah terjalin dengan baik sampai dengan saat ini,” tegas Ni Ketut Sri Budiani.

Ni Ketut Sri Budiani menjelaskan, sampai dengan 1 Januari 2024, BPJS Kesehatan Cabang Cirebon telah bekerja sama dengan 58 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 14 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) di Kota Cirebon.

Sebagai upaya peningkatan mutu layanan, BPJS Kesehatan juga tengah melakukan Transformasi Mutu Layanan yang mudah cepat dan setara kepada seluruh peserta JKN.

Mudah akses layanan kesehatan dan administrasi layanan kesehatan. Cepat dalam antrean pelayanan di fasilitas kesehatan baik itu pelayanan medis, tindakan medis, pelayanan obat serta respons pelayanan informasi dan pengaduan. Setara yang berarti tidak terdapat perbedaan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Melalui Transformasi Mutu Layanan, diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas layanan yang berdampak pada kemudahan pada saat peserta JKN membutuhkan layanan kesehatan,” pungkasnya. (Haris)

Komentar