oleh

Persiapan Upacara HUT RI ke 72, Paskibra Kota Cirebon Terus Digembleng

Cirebontrust.com – Beberapa lembaga pemerintahaan di Kota dan Kabupaten Cirebon tampak sudah melakukan persiapan untuk memeringati HUT RI ke-72. Salah satunya mempersiapkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra, red), yang akan bertugas untuk prosesi puncak pada detik-detik proklamasi.

Menurut seorang Pelatih Paskibra Kota Cirebon, Rafli, saat ini sudah dilakukan latihan dasar yang dimulai sejak bulan April 2017 lalu, setelah itu dilakukan latihan pemusatan yanmg juga sudah dilakukan mulai 7 Agustus lalu.

“Pesertanya dari seluruh sekolah, SMK Negri, MAN dan SMK Swasta yang terpilih dari seleksi selama 2 hari. Sistem seleksinya itu, mengacu dari Permenpora, jadi kita mengadopsi apa yang sudah ada kita lakukan,” jelasnya.

Untuk mengambil sejumlkah pelajar untuk kebutuhan paskibra, pihaknya menerima pendaftaran dan menyebarkan undangan ke setiap sekolah. Nanti kata dia, setiap sekolah dibebasnya mau mengirimnya 10 orang, 20 orang, hal itu terserah dari sekolah asal.

“Kalau untuk pemusatan pelatihannya, setiap hari mulai dari pagi sampe sore. Kalau pelatih ada dari Kodim, dari Paskibraka, dari Arhanud. Sebelum kita gabung sama arhanud itu, sama tentara ada pendidikan latihan dasar 32 orang digembleng dulu fisik, PBB atau pengetahuan umum,” katanya.

Setelah itu, lanjutnya digelar latihan gabungan bersama Arhanud, semua peserta sudah siap tinggal menyesuaikannya, hingga saat ini proses latihan semakin harinya sudah semakin bagus.

“Kita harus semakin bagus, kalau untuk Kota Cirebon harus menampilkan yang terbaik yang paling sempurna. Saat ini, kita masih ada 1 hari, untuk besok geladi bersih, mungkin kita bakal maksimalkan sampai 100 persen,” tandasnya.

Dirinya yakni, jika peserta atau paskibra hingga hari ini sudah bagus, hanya masih butuh sedikit dipoles agar lebih bagus lagi. (Lingga/Intan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed