oleh

Pepep Dorong Pemkab Majalengka Siapkan Dampak BIJB dan Segitiga Rebana

Citrust.id – Politisi Partai Persatuan Pembangunan yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H Pepep Saepul Hidayat mendorong pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka untuk lebih menyiapkan kemajuan daerah sebagai dampak dari keberadaan bandara internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, serta perencanaan kawasan segitiga rebana yang salah sarunya meliputi wilayah Kabupaten Majalengka.

Hal tersebut diungkapkan Pepep saat menggelar reses I tahun persidangan 2019 DPRD Provinsi Jabar, yang digelar di aula kantor DPC PPP Majalengka, Jalan Pemuda Majalengka. Reses ini diikuti oleh puluhan kader dan pengurus PPP, alim Ulama, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda Majalengka.

”Sampai saat ini masyarakat di sekitar terdampak bandara Kertajati merasa tidak menikmati output dari Pembanggunannya. Sementara efek dominonya sudah terasa, puluhan pabrik dan industri serta perniagaan berkembang di wilayah utara, tapi belum diimbangi dengan regulasi yang jelas,”ungkap politisi asal Cikijing ini.

Menurut dia, selama ini wilayah utara banyak bermunculan pabrik pabrik yang kemungkinan dampak negatifnya perubahan lingkungan. Banyak keluhan limbah pabrik di wilayah utara yang tidak sesuai dengan standar, sehingga mengganggu lingkungan di sekitar terutama untuk lahan pertanian.

“Sedangkan, dampak lain dari perkembangan wilayah juga mengancam penyusutan terhadap lahan pertanian. Jika dibiarkan dengan bebas, maka hal ini akan berpengaruh pada tingkat produksi hasil pertanian. Serta berkurangnya lahan garapan petani, akibatnya petani akan kehilangan mata pencaharian. Sementara peralihan profesi bagi para petani akan cukup sulit diterapkan jika dilakukan mendadak,”ungkap Sekretaris DPW PPP Jawa Barat ini.

Dikatakan dia, hal tersebut harus secepatnya disiapkan, meskipun sedikit terlambat. Tapi sikap tanggap dari pemerintah kabupaten sangat diperlukan agar perkembangan suatu wilayah dapat beriringan dengan kelestarian lingkungan dan keberlangsungan aspek sosial yang selama ini telah menjadi kearifan lokal masyarakat Majalengka. (Abduh)

BACA JUGA:   Longsor Jebol Dua Rumah Warga

Komentar

News Feed