oleh

Pendongeng Kak Jums Tebarkan Semangat Kemerdekaan kepada Anak-Anak

Citrust.id – Suasana berbeda dirasakan pada perayakan kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di RW 06 Pulobaru Utara, Kelurahan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Jumat (16/8/2019).

Sebelum mengikuti rangkaian lomba, anak-anak mengikuti tradisi sedekah bumi dan mendengar dongeng semangat kemerdekaan dari pendongeng anak Cirebon, yaitu Kak Jums dari Sanggar Griya Dongeng Anak Cirebon.

Dalam ceritanya, Kak Jums mengajak anak-anak untuk bersyukur atas perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan. Kak Jums juga berpesan kepada anak-anak agar senantiasa giat belajar. Belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh juga bentuk perjuangan.

“Dengan demikian, nantinya dapat menjadi pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa. ‚ÄúStudent today, er tomorrow. Anak-anak sekarang harus giat belajar untuk menjadi pemimpin pada masa mendatang,” kata Kak Jums.

Kak Jums menambahkan, saat ini musuh generasi bangsa lebih banyak macamnya dan jauh lebih berbahaya. Misalnya, narkotika dan obat-obatan terlarang hingga pornografi. Dia menegaskan agar anak-anak menjauhi hal-hal negatif yang dapat merusak masa depan mereka.

Sementara, Ketua RW 06 Pulobaru Utara, Yanto Sugiyanto, mengatakan pihaknya sengaja merayakan kegiatan kemerdekaan dengan tradisi sedekah bumi, perlombaan 17 Agustusan dan mengundang pendongeng anak.

Pihaknya mengundang pendongeng anak untuk memberikan semangat perjuangan kepada generasi bangsa. Ia ingin ada pembentukan karakter anak bangsa dengan cara mendengarkan dongeng.

“Kewajiban kita semua untuk membangun manusia Indonesia yang cerdas dan berkarakter unggul, berwawasan kebangsaan atau kenusantaraan, kejuangan, serta kebudayaan,” ujar Yanto. (Haris)

Komentar

News Feed