oleh

Pemdes Pamengkang dan Citemu Inginkan Puskesmas Mulai Beroperasi

Cirebontrust.com – Masyarakat dan Pemerintah Desa Pamengkang dan Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon mengeluhkan belum beroperasinya Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di desa setempat.

Kuwu Desa Pamengkang, Syaefuddin Zuhri, sejak terselesaikannya pembangunan Puskesmas yang ada di desa ini, November 2016 lalu hingga kini belum juga dioperasikan.

Sehingga, warga yang akan melahirkan ke Puskesmas induk, jarak tempuhnya relatif jauh.

“Rencananya Puskesmas ini akan ada rawat inap dan Poned. Tentunya itu dapat membantu masyarakat yang membutuhkan perawatan dasar di Puskesmas yang baru dibangun tersebut,” terangnya, saat ditemui di kantornya, Rabu (22/02).

Dirinya mengharapkan Puskemas tersebut segera difungsikan, agar masyarakat tak jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Kasihan masyarakat yang ingin melahirkan dan rawat inap untuk penyakit ringan, mereka harus ke Puskesmas induk yang relatif jauh. Alangkah baiknya segera difungsikan supaya masyarakat dan ibu hamil juga balita mendapatkan pelayanan kesehatan lebih dekat,” pintanya.

Senada dikatakan Kuwu Desa Citemu, Supriyadi. Sejak dibangunnya Pustu di dekat dermaga, hingga saat ini belum ada pelayanan, sehingga masyarakat memeriksakan kesehatannya di Puskesmas induk yang berjarak sekitar 5 kilo meter.

“Masyarakat sangat menginginkan Pustu segera melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Kami sudah menanyakan ke Kepala Puskesmas, mengenai belum difungsikannya Pustu tersebut. Namun, hingga saat ini belum juga ada jawaban,” jelasnya.

Pria yang biasa disapa Yusuf ini menambahkan, selama ini pihak desa selalu berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan dan merealisasikan keinginan masyarakat.

Akan tetapi, tidak semua kewenangan ada di pemerintahan desa. Maka, perlu kesabaran masyarakat, agar seluruh keinginan terpenuhi.

“Ketidaktahuan masyarakat akan kewenangan tersebut, membuat pihak desa yang kena getahnya. Maka, Pemda harus gerak cepat untuk merealisasikan keinginan masyarakat. Salah satunya, secepatnya difungsikan Pustu tersebut,” tegasnya.‎ (Riky Sonia)

BACA JUGA:   KAI Perpanjang Pembatalan Perjalanan Kereta Api Reguler

Komentar

News Feed