oleh

Pantau Mudik Lebaran di Terminal Harjamukti Cirebon, Kemenhub Temukan Bus Tak Laik Jalan

CIREBON (CT) – Guna memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik, Kementerian Perhubungan melakukan pemantauan di Terminal Harjamukti Kota Cirebon kemarin, Kamis (30/06). Dalam pemantauan tersebut ditemukan Bus yang tak laik jalan.

Mendapati temuan tersebut, Sekretaris Jendral Kementerian Perhubungan, Sugihardjo langsung menggagalkan keberangkat bus tersebut, meski sudah terisi penuh oleh penumpang.

“Tadi ditemukan satu bus yang tidak layak jalan, lalu kami gagalkan keberangkatannya. Ini guna keselamatan bagi penumpang bus sendiri, maka dari itu pemantauan ini penting dilaksanakan,” tutur Sugihardjo.

Menyoal standarisasi bus laik jalan, lanjut Sugihardjo, pihaknya sudah memiliki kriteria, Yakni memiliki kondisi ban baik dan tidak boleh aus, ban depan tidak boleh menggunakan ban vulkanisir, serta kaca depan tidak boleh retak atau pecah. Selain itu, spidometer, rem tangan serta sabuk pengaman harus berfungsi,

“Untuk calon pemudik, kami sarankan memilih angkutan umum yang berstiker dengan tulisan ‘angkutan lebaran,'” terangnya. (Roy)

BACA JUGA:   Kejari Majalengka Tangani Kasus Korupsi CSR dan Dana Desa

Komentar

News Feed