oleh

Merawat Tanaman Bisa Menjadi Hobi yang Menguntungkan Hingga Ratusan Juta

CIREBON (CT) – Sebuah hobi, realitanya selalu memberikan keuntungan bagi yang giat menekuninya. Hal tersebut dirasakan oleh beberapa pegiat jasa sewa-jual tanaman hias dan dekor taman di wilayah Cirebon yang bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah.

Seperti Een (43), pemilik showroom Flora Indah di Jalan Pangeran Drajat No. 138 kota Cirebon ini, sudah menggeluti usaha sewa-jual tanaman hias dan dekor tamannya sejak 1993. Kini, usaha yang digelutinya bersama sang suami, telah sukses dan berkembang dengan banyaknya permintaan pesanan dari berbagai perusahaan bahkan hotel di kawasan Cirebon.

“Untuk tanaman hias, harganya bervariasi dari 5 ribuan sampai 5 jutaan. Sedangkan untuk jasa dekor taman, paling rendah 1 jutaan dan bisa sampai ratusan juta, tergantung kapasitas tempat dan jenis tanamannya,” jelas Een saat ditemui di tengah aktifitasnya melayani pembeli.

Kepada CT Een menuturkan, melalui usahanya tersebut, dalam sehari ia dapat meraup keuntungan sedikitnya 2 juta rupiah hingga ratusan juta. “Alhamdulillah setiap harinya ada aja yang beli tanaman di sini,” tuturnya.

Lebih lanjut Een mengatakan, bahwa keuntungannya dalam menjual tanaman hias atau dekor taman, itu hanya sebuah imbas atas apa yang dikerjakannya.

“Bisa dibilang, ini hobi yang menguntungkan. Karena hanya dengan memelihara tanaman, bisa dapat hasil yang tidak sedikit. Selain itu, kita juga selalu merasa senang karena selalu dikelilingi bunga-bunga indah. Itu bisa bikin awet muda lho,” ungkap Een.

Hal yang sama dibuktikan Amung Muhtar (55). Kecintaan dan hobinya dalam memelihara tanaman, ia tuangkan dalam membuat berbagai kreasi karangan bunga dan dekor taman untuk dijual maupun sewa.

“Kalau saya, lebih fokus ke jasa dekor taman dan sewa tanaman hias. Untuk jual, hanya beberapa tanaman hias saja yang sekiranya tahan untuk cuaca di kota Cirebon,” ujar pria paruh baya ini.

BACA JUGA:   Penetapan Balon Kades Bojong Sempat Ricuh

Amung mengungkapkan, selama kurang lebih 20 tahun menggeluti hobi yang menjadi sumber rejekinya tersebut, tidak pernah dirasakan kesulitan yang berarti. “Untuk penyewaan tanaman hias yang biasa ada di acara hajatan atau hotel, kadang suka kembali dengan keadaan rusak. Itu sudah dianggap jadi risiko yang ditanggung sendiri,” ungkap pemilik showroom tanaman hias Melati Art di kawasan Kalibaru, kota Cirebon ini.

Untuk membuat kepercayaan dan kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasanya, Amung tidak mematok harga tinggi. “Untuk sewa tanaman hias biasanya kami digaet salon tertentu, dan pembagian hasilnya ditentukan mereka. Tapi untuk dekor taman, bisa dipatok sampai ratusan juta, tergantung luas dan jenis tanaman apa yang diinginkan.” Pungkasnya. (CT-108)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed