oleh

Bantuan Konsumen Alfamart Terlaksana ke Seluruh Indonesia dengan Tajuk Satu Hati Berbagi untuk Indonesia

CIREBON (CT) – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart Alfamidi) mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam program sosial yang bertujuan membantu masyarakat di berbagai sektor bantuan mulai dari pendidikan, kesehatan, bencana alam, lingkungan hidup, pembedayaan usaha kecil dan lain sebagainya. Keterlibatan masyarakat melalui Donasi Konsumen dijalankan agar lebih banyak masyarakat prasejahtera yang mendapatkan bantuan.

Untuk memperoleh legalitas penggalangan donasi konsumen perusahaan secara periodik mengajukan permohonan izin penyelenggaraan pengumpulan sumbangan kepada Kantor Kementerian Sosial Republik Indonesia, setelah mendapat persetujuan akan dikeluarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Sosial RI yang mengatur tata cara pengumpulan donasi, periode program, wilayah pengumpulan donasi, yayasan penerima bantuan dan kewajiban untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

“Izin ini diperbarui setiap periode penggalangan donasi,” jelas Nur Rachman Corporate Communication General Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart Alfamidi)

Nur Rachman mengatakan Penggalangan Donasi Konsumen dijalankan bekerja sama dengan berbagai yayasan. “Setiap program memiliki target dan fokus bantuan. Dalam memilih yayasan kami mempertimbangkan beberapa hal, antara lain berbadan hukum, berskala nasional bahkan internasional, tidak memihak pada SARA, memiliki track record yang baik, dan dapat diakses oleh publik. Hasil donasi dikelola sepenuhnya oleh lembaga/yayasan yang menjadi mitra perusahaan,” tambahnya.

Laporan Hasil Donasi Konsumen Semester II 2014 Pada pertengahan 2014 dijalankan Donasi Konsumen untuk program. “Jembatan Untuk Masa Depan ke II”, bekerja sama dengan Yayasan Relawan Kampung Indonesia. Hasil donasi periode 16 Juni–15 Juli 2014 mencapai Rp. 1.956.098.825,- akan digunakan untuk membangun 15 Jembatan Desa, dari hasil donasi tersebut telah dibangun 1 Jembatan Alfamart di Cimanggu Pandeglang Banten dan selanjutnya 14 Jembatan lagi akan dibangun secara bertahap diberbagai daerah di Indonesia. Hasil Donasi Konsumen Tahun 2013
telah diselesaikan 14 Jembatan yang tersebar di Indoesia.

BACA JUGA:   SLB Muhammadiyah Rusak Parah Dihantam Puting Beliung

Donasi Konsumen periode 16-31 Juli 2014, perusahaan bekerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation – School Development Outreach untuk program “Sekolah Binaan”. Donasi terkumpul Rp 1.632.551.096,- yang akan digunakan untuk “Peningkatan kualitas pendidikan agar sekolah-sekolah yang tertinggal menjadi setara dengan sekolah-sekolah unggulan dengan peningkatan kualitas tenaga pengajar melalui pelatihan yang diikuti oleh guru sekolah di 6 kota/kabupaten di Indonesia.

Donasi Konsumen periode 1-15 Agustus 2014 untuk program “Sahabat Veteran” bekerja sama dengan Yayasan Sahabat Veteran Indonesia, terkumpul Rp. 1.343.171.117,- telah disalurkan kepada 1.000 Veteran Indonesia pada acara Apresiasi dan Pemberian Tali Kasih kepada Veteran di 5 Kota yakni Jakarta, Bogor, Surabaya, Solo, dan Palembang.

Donasi Konsumen untuk kepedulian pada lingkungan hidup, akan dijalankan program “Save Tree, Save Water, Save Future” bekerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati periode 16-31 Agustus 2014. Hasil donasi sebesar Rp. 1.048.874.378,- akan digunakan untuk merehabilitasi kawasan hutan yang berada di Hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Tonado, Minahasa, Sulawesi Utara melalui penanaman dan pemeliharaan 4.500 pohon khas Sulawesi yang bernilai ekologi dan ekonomis serta pengembangan taman keanekaragaman hayati, yang juga dapat menjadi sarana ekoedukasi.

Periode 1-30 September 2014, perusahaan bekerja sama dengan Yayasan Happy Hearts Fun (Yayasan Hati Gembira) dalam program “Sekolah Impian“ yang bertujuan merenovasi Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) yang terkena dampak bencana alam dan TK tidak mampu. Donasi yang terkumpul sebesar Rp. 1.996.671.523,- telah disalurkan untuk membangun tiga sekolah yakni TK Cahaya Insani di Serang, Pos PAUD Nanas VII di Banjaran, Kab. Bandung dan TK Victory di Bunaken, Manado. Peletakan batu pertama di ketiga sekolah telah dilaksanakan pada bulan November 2014 dan diproyeksikan akan rampung pada awal Tahun 2015.

BACA JUGA:   Bung Wowo Pimpin GMNI Kuningan

Bersama PMI Indonesia menjalankan program “Blood and Water For Life” melalui Donasi Konsumen periode 1-31 Oktober 2014 terkumpul sebesar Rp. 2.284.816.778,- bantuan tersebut akan digunakan untuk membantu operasional PMI melalui pengadaan tiga mobil Unit Donor Darah (UDD) untuk membantu kegiatan donor darah PMI dan satu mobil tangki air bersih untuk membantu penyaluran air bersih di daerah yang mengalami kesulitan air bersih.

Penyerahan Donasi akan dilakukan pada Acara Tali Kasih di JCC 15/12/14 yang akan diterima secara Simbolis oleh Ketua Umum PMI Pusat Bapak Jusuf Kalla. Donasi Konsumen periode 1-15 November 2014 perusahaan kembali bekerja sama dengan Yayasan Nusa Membaca melalui program “TBM TAKUBI“ Hasil Donasi akan digunakan untuk Pembangunan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Indonesia. Tahun 2013 telah direnovasi 12 TBM yang tersebar di Indonesia .

Donasi Konsumen periode 16 November–15 Desember 2014. perusahaan bekerja sama dengan Kick Andy Foundation dalam program “Satu Hati Berbagi Untuk Indonesia“ yang bertujuan menyalurkan bantuan berupa pemberian 10.000 Sepatu Sekolah, 5.000 Bola Sepak, dan 100 Kaki Palsu kepada komunitas masyarakat yang membutuhkan.

Pada Akhir Tahun Donasi Konsumen periode 16-31 Desember 2014. Perusahaan bekerja sama dengan Yayasan Pondok Kasih dalam program “Pernikahan Massal“ yang bertujuan untuk membantu administrasi status pernikahan bagi setiap keluarga dan keturunannya, sehingga setiap urusan yang menyangkut administrasi dan berbagai program pemerintah yang membutuhkan persyaratan formal dapat dipenuhi, baik oleh keluarga maupun anak-anaknya. (CT-125)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed