oleh

Mengapa Terkadang Menstruasi Tidak Teratur?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Normalnya, periode menstruasi wanita berlangsung tiga hingga tujuh hari. Namun, apa Anda pernah mengalami periode bulanan abnormal, misalnya hingga dua minggu atau lebih? Hal tersebut tentunya membuat wanita panik, terutama jika gangguan tersebut baru kali pertama mereka alami.

Siklus menstruasi yang normal terjadi sekitar 21 hingga 35 hari. Siklus yang tidak teratur umumnya terjadi pada remaja yang baru mengalami haid dan sedang berada dalam masa puber atau wanita yang akan mengalami menopause. Di saat-saat seperti itu, mereka akan mengalami periode datang bulan yang tidak teratur. Kadang bisa lebih pendek, atau menjadi terlampau lama. Jumlah darahnya pun bisa sangat sedikit atau terlalu banyak.

Dalam ilmu kedokteran, pendarahan berlebih yang terjadi saat menstruasi dinamakan menoragia. Ketika periode bulanan normalnya berlangsung tidak lebih dari satu minggu, maka dalam kasus menoragia, penderita akan mengalami pendarahan selama tujuh hari atau lebih. Maka, tidak heran jika banyak wanita panik, sama seperti saat tamu bulanan mereka telat datang. Selain itu, jika menoragia terjadi saat siklus menstruasi Anda sebelumnya teratur, ada kemungkinan hal tersebut dipicu oleh gangguan kesehatan dan perubahan hormon. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kejari Kota Cirebon Ajukan Pembangunan Gedung Baru

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed