oleh

Karhutla Kembali Terjadi di Gunung Ciremai

Citrust.id – Personel Polsek Rajagaluh bersama Koramil serta perangkat Desa Payung dan masyarakat Dusun Bale memadamkan api yang membakar lahan TNGC Taman Nasional Gunung Ciremai seluas lima hektare. Lahan terbakar itu adalah hutan Tegal Licin di Desa Payung dan hutan Cilutung di Desa Trja.

“Si jago merah menghanguskan rerumputan, semak belukar dan sebagian pepohonan. Semak dan rumput yang kering menyebabkan api cepat membesar,” kata Kasi Humas Polsek Rajagaluh, Bripka Dirgaha Maludi, Minggu (1/8/2019).

Diduga kebakaran disebabkan puntung rokok yang dibuang warga secara sembarangan. Api dari puntung rokok tersebut membakar rumput dan daun kering. Api cepat menjalar dan kebakaran meluas.

Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono, menjelaskan, Polri punya satgas khusus, yakni Satgas Karhutla. Tugasnya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kami juga sudah menjalin kerja sama dengan semua pihak, termasuk dengan TNGC. Di samping itu, polsek jajaran aktif melakukan penyuluhan kepada warga di sekitar hutan,” pungkasnya. (Abduh)

BACA JUGA:   Cegah Covid-19, Prajurit TNI AL Sosialisasi Perilaku Hidup Sehat

Komentar

News Feed