oleh

Jelang Iduladha, Pemkab Majalengka Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Citrust.id – Pemerintah mengharapkan hewan yang dikurbankan layak dan steril dari penyakit. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Majalengka terus melakukan pengawasan terhadap hewan kurban.

Hal tersebut dikatakan Bupati Majalengka H. Karna Sobahi, saat mengukuhkan petugas pemeriksaan hewan kurban di Pendopo Gedung Negara, Selasa (6/8/2019).

Bupati Karna mengimbau masyarakat yang akan melakukan penyembelihan hewan kurban untuk selalu berhati-hati saat membeli hewan kurban.

“Para petugas yang melaksanakan pengawasan terhadap hewan qurban akan selalu waspada terhadap peredaran hewan di pasaran. Mereka akan teliti dalam memeriksa setiap hewan kurban,” ungkap Bupati Karna.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan kabupaten Majalengka, Ir. Iman Firmansah mengatakan, pihaknya telah menerjunkan sebanyak 35 orang petugas dokter hewan untuk mengawasi serta mengidentifikasi peredaran hewan ternak di setiap pasarnya.

Sampai saat ini, petugas telah memeriksa hewan kurban sapi, domba dan kambing sebanyak 1.338 ekor. Terdiri 474 sapi, 656 domba dan 208 ekor kambing. Diharapkan dengan adanya pemeriksaan hewan kurban inibdidapatkan hewan yang layak dan bersih serta sehat dari berbagai penyakit.

“Petugas belum menemukan hewan kurban yang terkena penyakit. Kami akan selalu stand by di setiap pasar hewan di Kabupaten Majalengka sampai nanti Iduladha,” pungkasnya (Abduh)

Komentar

News Feed