oleh

Ini Manfaat Mengonsumsi Rambutan

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Memiliki pohon yang tingginya mencapai 15-20 meter, bercabang banyak dan berdaun rindang, memiliki bunga-bunga yang kuning, berbuah lonjong, bulat, berambut. Jika masih mentah berwarna hijau, apabila sudah matang berwarna merah.That’s right rambutan!

Meski sekarang sedang musim hujan, namun rambutan tidak mau kalah, buah yang memiliki kandungan zat besi ini, diperlukan untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Zat Besi membantu mencegah kelelahan dan pusing yang disebabkan oleh anemia. Selain itu, daging rambutan juga memenuhi 4,3 persen dari kebutuhan fosfor harian untuk tubuh. Fosfor berguna untuk membantu menyaring limbah dari dalam ginjal, serta diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan sel tubuh.

Manfaat banyak mengonsumsi buah ini adalah anti kanker. Buah, biji dan kulit rambutan mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid. Beberapa jenis flavonoid diyakini mampu mengurangi kolesterol, bersifat anti kanker dan anti inflamasi. Juga melindungi dari efek radikal bebas. Salah satu senyawa dalam kulit rambutan adalah asam Galia. Senyawa ini bertindak sebagai penangkal radikal bebas.

Rambutan pun kaya vitamin C. Jika seseorang mengkonsumsi 10 sampai 12 buah rambutan, maka dia memperoleh 75-90 mg asam askorbat, dua kali lebih banyak dari jumlah yang disarankan dalam menu sehari-hari. Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, vitamin C dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kenaikan Harga Jagung Tak Diimbangi Jumlah Produksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed