oleh

Ini Ciri-ciri Nasi yang Tidak Layak Konsumsi

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Sebagai makanan pokok yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, nasi jelas sangat disukai. Namun tak jarang nasi menjadi basi karena anda salah menangani. Jika anda membiarkan nasi disimpan dalam suhu ruangan, maka akan muncul bakteri pembusuk yang membuat nasi cepat basi. Akhirnya tidak bisa dimakan. Berikut ciri-ciri nasi tidak layak makan.

Berbau tidak sedap. Jika sudah begini, memanaskan lagi tidak ada gunanya. Hanya satu solusinya. Buang! Jangan lagi berusaha untuk memanaskannya karena nasi yang bau sudah waktunya dbuang. Biasanya nasi akan mengeluarkan aroma tak sedap jika sudah disimpan dalam lemari es selama kurang lebih empat hari. Keras dan kering. Ini adalah efek hilangnya air yang terkandung dalam butiran nasi. Jika nasi seperti ini, sepanjang belum lebih dari empat hari penyimpanan, anda masih bisa hangatkan kembali. Bisa dikukus atau dipanaskan dengan magic jar.

Sudah mengalami pemanasan lebih dari satu kali. Nasi yang berkali-kali dipanaskan setelah disimpan dalam lemari es menyebabkan terjadinya kontaminasi bakteri. Sangat disarankan untuk tidak memanaskan nasi berkali-kali. Pemanasan nasi cukup sekali saja. (Net/CT)

BACA JUGA:   Waspada Klaster Covid-19 Baru, Objek Wisata Terapkan Protokol Kesehatan

Komentar

News Feed