oleh

HPN 2021 Momentum Pers Melawan Hoaks

Citrust.id – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini diharapkan menjadi momentum kebersamaan pers untuk melawan hoaks. Caranya antara lain dengan pendekatan profesionalisme dan penajaman standar jurnalistik oleh media arus utama atau mainstream.

Hal tersebut dikatakan Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka, Gatot Sulaeman, mewakili Bupati saat menghadiri tasyakuran HPN 2021 di sekretariat PWI Majalengka, Rabu (10/2).

Dikatakan Gatot, dengan maraknya hoaks di tengah kehidupan bermedia sosial belakangan ini, ia meminta insan media untuk memberikan informasi yang akurat dan berimbang. Peran pers sebagai penyampai informasi kepada masyarakat umum sangat penting sebagai salah satu pilar dalam membangun pendidikan jurnalistik.

“Selain sebagai lembaga untuk memberitakan kinerja pemerintah, pera juga berkontribusi menjaga kondusivitas bangsa. Pers diharapkan tidak menambah kepanikan. Negara sangat membutuhkan dalam perspektif yang jernih,” ujarnya.

Untuk itu, diharapkan pers sebagai mitra pemerintah di daerah memiliki peran yang sangat penting dan strategis. Pers diminta berkontribusi menginformasikan pembangunan. Hal itu tentunya akan menciptakan iklim investasi dan kondusivitas di daerah.
“Tanpa informasi yang disampaikan rekan insan pers, pemerintah juga tidak bisa apa apa,” jelasnya.

Ketua PWI Majalengka, Jejep Falahu Alam, menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Majalengka yang telah mensuport kegiatan HPN tahun 2021.

Panitia HPN telah membuat jadwal kegiatan. Antara lain pemberian anugerah kebudayaan kepada Bupati Majalengka dan diklat jurnalistik. Selain itu, pemberian bantuan kepada dnggota yang meninggal serta bansos kepada korban bencana banjir. (Abduh)

Komentar

News Feed