oleh

Fakta Unik Seputar Bulan Februari

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Dalam satu tahun, semua orang tahu bahwa bulan berjumlah dua belas. Sepanjang tahun itu ternyata sebelumnya bulan Januari dan Februari belum ada. Pada akhirnya, seorang yang mereformasi kalender, yaitu Numa Pompilus. Dia membutuhkan kelnder yang bias dijadikan patokan kapan harus diadakan upacara dan tidaknya hanya untuk bertani. Akhirnya ditambahkanlah bulan baru, yaitu Ianuarius dan Februarius. Ianuarius berjumlah 29 hari, sedangkanFebruarius berjumlah 28 hari, jadi total dalam 1 tahun adalah 355 hari. Bulan pertama adalah Martinius dan bulan ke 11 adalah Ianuarius, sedangkan Februarius adalah bulan ke 12. Pada tahun 45 SM, Julius Caesar mereformasi kalender lagi, Ianuarius menjadi bulan pertama dan Februarius menjadi bulan kedua. Lantas, apa yang unik dari bulan Februari selain sebagai bulan baru?

  1. Jumlah hari sedikit dibandingkan bulan-bulan lainnya.
  2. Tahun kabisat. Tahun yang bias dibagi 4 dan dalam 1 tahun berjumlah 366 hari, bukan 365 hari. Tahun kabisat ini berpengaruh pada bulan Februari. Biasanya Februari berjumlah 28 hari, namun pada saat tahun kabisat, Februari berjumlah 29 hari. Jadi, kamu bakal ngerasain 28 hari di Februari setiap 4 tahun sekali.
  3. Valentine day.
  4. Hak paten telepon. Alexander Graham Bell adalah penemu/yang menciptakan telepon. Telepon dipatenkan pada 14 Februari.
  5. Penyambung bumi dan surga. Pada zaman Yunani kuno, Iris adalah penyampai pesan dewa-dewa dan personifikasi pelangi (dalam bahasa Yunani, Iris berarti pelangi). Iris bertugas sebagai penyambung antara bumi dan surga. Itulah sejarah bunga Iris, bunga kelahiran Februari. Sehingga, orang yang lahir di Februari dilambangkan dengan bunga Iris. Kelopak bunga Iris menghadap ke atas melambangkan keyakinan dan kebijaksanaan.
  6. Amethyst. Konon, Amethyst adalah batu kelahiran Februari. Jadi orang yang lahir di Februari dilambangakn dengan batu ini. Ke dalaman ungunya mengilhami perasaan kesehatan, itu adalah kekuasaan besar batu itu. Amethyst memberikan kekuatan pemakainya dan melindungi terhadap keracunan dari pemakaian berlebihan. Amethyst adalah batu yang terjangkau, tersedia, dalam berbagai warna, mulai dari lavender untuk ungu kemerahan atau mendalam, dan banyak digunakan dalam perhiasanAmethyst dikatakan untuk rileks dan menenangkan pikiran, meredakan sakit kepala dan membuka pikiran untuk spiritualitas. Hal ini juga membawa keberuntungan dalam perang dan mempromosikan kepercayaan dan persahabatan. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed