oleh

Dalam Sepekan Operasi Zebra Polres Cirebon Tindak Pelanggaran Ratusan Kendaraan

CIREBON (CT) – Setelah beberapa hari melakukan Operasi Zebra, Petugas Kepolisian Polres Cirebon, menindak tegas sedikitnya 400 kendaraan yang melanggar peraturan lalu lintas, baik roda dua maupun roda empat.

Menurut Kapolres Cirebon AKBP Chiko Ardwiatto melalui Kasat Lantas AKP Erwinsyah, yang disampaikan oleh KBO lantas Ipda Erik Iskandar, mengatakan, ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda empat, yang melanggar peraturan lalu lintas ditindak tegas.

“Sebanyak 430 kendaraan yang terbukti melanggar terseut, 40 kendaraan diantaranya dilakuakan tindakan tilang, sedangkan yang lainnya dilakuakan tindakan berupa peneguran,” ucapnya.

Erik menambahkan, dari semua pelanggaran yang ada tersebut, selama sepekan terakhir berjalannya oprasi zebra Lodaya 2014 ini, didominasi oleh pelanggaran lalu lintas yang banyak dilakukan kendaraan roda dua, dengan pelanggaran tidak menggunakan helm, dan beberapa pelanggaran lain yang terlihat kasat mata.

Selain dari jenis pelanggaran yang tidak menggunakan helm, pelanggaran yang banyak dilakukan oleh pengguna jalan, adalah tidak membawa surat-surat pada saat berkendara.“Pada operasi Zebra tahun ini, sepeda motor yang paling mendominasi pelanggaran, dan jumlahnya juga meningkat tajam,” katanya.

Sasaran prioritas dalam oprasi Zebra 2014 ini diantaranya, pengemudi dibawah umur, melawan arus lalulintas, geng motor, angkutan umum tidak layak jalan, kendaraan bak terbuka yang bukan untuk memuat orang, menaikan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya serta kenedaraan yang menggunakan rotator dan sirene yang bukan pada peruntukannya.

“Adapun tujuan dari operasi Zebra ini adalah untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di Jalan raya, selain itu juga untuk meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, dan yang paling penting adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.” Tegasnya. (CT-122)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed