oleh

Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan

CIREBON (CT) – Merawat mobil saat musim hujan memburtuhkan perhatian ekstra. Pasalnya, musim hujan yang menyebabkan genangan air di jalan dapat membuat kondisi kendaraan kotor dan kumuh. Untuk menyiasatinya, Anda perlu meluangkan waktu demi menjaga dan merawat performa mobil. Berikut tipsnya:

1. Sistem roda. Cek kondisi ban secara visual meliputi tekstur dan tingkat keausan ban. Lakukan penggantian ban bila hal itu terjadi dan periksa tekanan angin ban sesuai dengan spesifikasinya.

2. Sistem pengereman. Periksa ketinggian level cairan fluida rem, tambahkan bila kurang dari spesifikasinya. Periksa kondisi kanvas rem terhadap keausan, ganti bila ketebalannya di luar spesifikasinya

3. Sistem kelistrikan. Periksa kondisi kelistrikan kendaraan. Pastikan semua kondisi lampu-lampu dapat berfungsi dengan dengan baik. Dan, pastikan pula seluruh komponen kelistrikan kendaraan dapat beroperasi dengan baik

4. Sistem Air Conditioner (AC). Periksa kondisi AC, lakukan perawatan dengan mengganti filter AC bila tersedia. Pastikan temperatur pendinginannya bekerja dengan baik. Pendinginan AC yang kurang baik dapat menyebabkan pengembunan di dalam mobil pada saat terjadi hujan.

5. Karet pintu. Periksa kondisi karet-karet pintu, pastikan kondisinya baik. Kondisi karet yang tidak baik yaitu karetnya telah mengeras sehingga sulit menyesuaikan dengan pintu saat ditutup sehingga dapat menyebabkan kebocoran. (Net/CT)

BACA JUGA:   Nina-Lucky Dianggap Mampu Pimpin Indramayu

Komentar

News Feed