oleh

Cara Mengatasi Laptop Mati Karena Tumpahan Air

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Permasalahan laptop mati total karena terkena air, yang bisa saja masuk merembes ke keyboard dan ke komponen mainboard lainnya merupakan kejadian fatal karena dapat merusak komponen di dalamnya. Terlebih lagi jika laptop tersebut masih dalam keadaan menyala dan arus komponen sedang bekerja. Jangan panik, begini langkah yang harus dilakukan mengatasi laptop mati terkena air.

  1. Segera matikan laptop beserta listrik yang berasal dari PLN dan kemudian cabut charger baterai laptop untuk mencegah konslet yang lebih parah pada komponen didalamnya.
  2. Cabut semua perangkat yang terhubung dengan komputer seperti mouse, modem, dan lainnya, agar terhindar dari konslet yang merembet ke semua komponen dan perangkat lainnya.
  3. Balikkan laptop dengan posisi layar dibawah sehingga air di dalamnya bisa segera turun dan tidak menyebar ke bagian komponen lainnya.
  4. Sebaiknya bongkar bagian dalam laptop karena pasti ada beberapa komponen didalamnya yang sudah terkena rembesan air.
  5. Gunakan kain dengan daya serap yang tinggi dan usahakan dapat menjangkau semua bagian-bagian terkecil pada komponen. jika tidak terjangkau maka gunakanlah cotton buds.
  6. Masih dalam keadaan laptop terbuka, gunakan hair dryer agar air di dalam laptop segera kering dan tidak merembet menyebar ke komponen lainnya.
  7. Jika sudah yakin kering, tidak adanya air di dalamnya maka rakit kembali komponen yang telah dibongkar tadi kemudian nyalakan laptop apakah masih bisa menyala dengan baik. (Net/CT)
BACA JUGA:   Pastikan Keamanan Penumpang, Daop 3 Cek Jalur KA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed