oleh

BPKH Salurkan Hewan Kurban atas Aspirasi Selly

Citrust.id – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menebar belasan ekor sapi di sejumlah wilayah di Jawa Barat. Sembilan ekor diantaranya ditebar di Dapil Jabar VIII, yakni Kota/Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu.

Hewan kurban yang ditebar tersebut, merupakan atas aspirasi Anggota Komisi VIII DPR RI, Hj Selly Andriany Gantina. Sedangkan dalam penyalurannya melibatkan dtpeduli sebagai lembaga kemitraan.

Sebanyak lima ekor sapi yang ditebar di Indramayu dan Cirebon dipotong di rumah potong hewan (RPH), sisanya dipotong di tempat penerima manfaat sesuai aturan Kemenag RI.

Perihal distribusi daging setelah dipotong juga melibatkan sejumlah lembaga, misal dewan kemakmuran masjid (DKM) dan lembaga sosial dan kemasyarakatan.

Selly mengatakan, penyaluran dan pemotongan hewan kurban dari BPKH ini mengedepankan anjuran pemerintah, seperti melibatkan RPH atau langsung bagi wilayah yang tingkat penularan Covid-19 rendah serta mengantongi izin.

“Apabila sesuai aturan, proses pemotongan dan distribusi daging kurban pun lebih aman,” ujarnya.

Selly berharap, idul kurban di masa pandemi ini menjadi pelajaran selain sebagai ibadah, yakni solidaritas terhadap sesama dan gotong royong.

“Iduladha di tengah pandemi menjadi momen meningkatkan keimanan pada Allah, menguatkan solidaritas, kepedulian dan saling membantu satu sama lain,” ujar politisi PDI Perjuangan.

Sementara itu, Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Parahita Kota Cirebon, Tri Sutrisno mengaku, pemotongan dan pengemasan dilakukan di kantor dtpeduli.

“Kita mendistribusikan kepada masyarakat penerima yang sudah terdata. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi masyarakat,” katanya, saat ditemui di kantor drpeduli Cirebon, Kamis (22/7).

Untuk diketahui, BPKH melalui Program Kemaslahatan tahun ini menyalurkan hewan kurban sebanyak 1.000 ekor sapi yang tersebar di kurang lebih 835 titik di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Wilayah yang dijangkau pun tak tanggung-tanggung, dari Aceh sampai pulau terluar Sebatik, serta wilayah lain seperti Papua dan Papua Barat.

Dalam pelaksanaannya, BPKH bekerjasama dengan Mitra Kemaslahatan, seperti Nucare Lazisnu, LazisMu, DT Peduli, Baznas ,PPPA Darul Quran, BSMU, Solo Peduli, Laz Ummul Quro dan Rumah Zakat. (Aming)

Komentar

News Feed