oleh

Begini Cara Mengenali dan Menghindari Ajakan “Aliran Tertentu”

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Masyarakat sebaiknya bersikap waspada dan hati-hati serta lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Ajakan atau ajaran tertentu akhir-akhir ini banyak ditemukan di berbagai belahan Indonesia. Bukan tidak boleh untuk bergaul dengan siapapun, tetapi pergaulan yang menjerumuskan bahkan dapat dikenai sanksi oleh aparat hukum sangat membahayakan diri sendiri, keluarga, dan orang lain.

Mungkin tidak akan menjadi masalah apabila aliran, gerakan, atau apapun itu namanya jika tidak meresahkan masyarakat. Namun, yang berbahaya adalah ketika hal itu berjalan tidak sesuai nalar dan tidak berdasar dan dianggap menyimpang bagi orang banyak. Misalnya, memerintahkan pengikutnya untuk melakukan hal-hal aneh,  atau membolehkan ibadah tidak sesuai syarat dan rukun, atau mengharuskan pengikutnya pergi mengembara dalam jangka waktu tertentu meninggalkan keluarga. Dikatakan nyeleneh karena tidak ada dasarnya.

Kemudian menjanjikan sesuatu yang tidak masuk akal dan penuh dengan iming-iming. Mengajak untuk memberontak. Cara menghindarinya tentu dengan tidak mudah terpengaruh omongan orang lain. Selalu bersikap optimis dalam menjalani kehidupan. Dan, yang paling penting adalah kenali diri sendiri jangan sampai mudah dibujukrayu oleh sesuatu yang konyol. (Net/CT)

BACA JUGA:   AKBP Mariyono Lanjut Tugas di Polres Serang

Komentar

News Feed