oleh

Peninggalan Ki Gede Battembat Dijadikan Aset Museum

Citrust.id – Cirebon memang banyak sekali menyimpan tempat-tempat atau situs-situs sejarah peninggalan orang-orang terdahulu.

Salah satunya situs peninggalan bernuansa islami Ki Gede Battembat yang kini dijadikan museum. Tempat ini memiliki banyak benda-benda bersejarah peninggalan Syekh Lebe Juriman atau biasa disebut Ki Gede Battembat.

Museum ini terletak di Desa Battembat, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon. Tepatnya berada di Masjid Jami Al auliya. Masjid tersebut menjadi kebanggaan warga Battembat karena kental dengan nuansa historis.

”Peninggalan tersebut di dalamnya berupa kayu-kayu jati yang dulunya dibangun pendopo. Karena pendopo takut rusak sehingga direnovasi kembali dengan bentuk bangunan yang sama. Pendopo ini digunakan oleh ki Gede Battembat untuk bermusyawarah mengenai ajaran-ajaran Islam,” ujar Imin salah satu pengurus masjid, Sabtu (22/9/2018).

Selain itu, lanjut Imin, peninggalan tersebut dijadikannya museum karena banyak peziarah yang datang dari berbagai kota. Mereka berdoa dan penasaran dengan sejarah Ki Gede Battembat./haidzar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed