oleh

Yayasan Kilau Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi untuk Pelajar hingga Mahasiswa

INDRAMAYU (CT) – Sebagai upaya memperkenalkan dunia jurnalistik dan fotografi ke kalangan pelajar dan mahasiswa di Indramayu, Yayasan Kilau menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik dan fotografi yang berlangsung di Gedung Fakultas Hukum Universitas Wiralodra Indramayu, Kamis (25/02)

Disampaikan perwakilan Yayasan Kilau, Faizin, bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya nyata pihaknya dalam mengenalkan dan melatih generasi muda, tentang pentingnya memahami kinerja jurnalistik dan fotografi sebagai salah satu keterampilan yang mesti dikuasai di era  Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang berkembang pesat seperti sekarang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam salah satu sesinya, Yayasan kilau mengundang praktisi media sekaligus wartawan senior, Khaerudin Imawan, sebagai salah satu pemateri dalam pelatihan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Khaerudin Imawan berdiskusi dengan peserta pelatihan sekaligus memberikan pemahaman tentang dasar-dasar jurnalistik, khususnya teknik menulis berita dan cara memproduksi foto jurnalistik.

Ia menambahkan, prinsip menulis berita adalah menjawab pertanyaan: Di situ ia mengenalkan teori 5W+1H, piramida terbalik, unsur-unsur berita, dan tentunya fotografi yang dalam konteks jurnalistik merupakan “bukti” pendukung dari kerja jurnalisme terhadap publik.

Berdasarkan pantauan CT, peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Ditemui setelah kegiatan pelatihan, Khaerudin berharap kegiatan pelatihan jurnalistik semacam itu semakin banyak digelar. Karena bagaimanapun, keterampilan jurnalistik penting dikuasai tidak hanya bagi yang ingin berkarier di dunia jurnalistik saja, tetapi penting juga bagi profesi lain.

“Profesi apapun bukankah keterampilan menulis dan mengelola informasi selalu dibutuhkan, terlebih di era kecanggihan informasi seperti sekarang,” pungkasnya. (Kir Raharjo)

BACA JUGA:   Ribuan Santri Majalengka Ikuti Jalan Sehat Bersarung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed