oleh

Wisata di Lembang Bandung Bandung Barat, Jawa Barat

Citrust.id – Bandung merupakan Kota ditetapkan sebagai salah satu dari sepuluh wilayah di Indonesia yang akan dikembangkan menjadi destinasi pariwisata dunia oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada tahun 2016. Selain itu terpilihnya Bandung sebagai kota kreatif dunia diyakini berasal dari keberadaan masyarakat Bandung itu sendiri.

Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) sebuah organisasi nirlaba di Indonesia, menilai kini kota Bandung jadi lebih dikenal dunia Internasional khususnya selepas peringatan Konperensi Asia Afrika (KAA) ke-60. Seabrek deretan dan sebutan bagi Bandung sangat banyak, akan tetapi banyak orang lebih mengenal bandung dengan alamnya yang begtu indah untuk dikunjungi oleh para wisatawan dalam negeri dan para pelancong luar negeri, salah satunya adalah Desa Lembang yang posisinya berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kawasan Lembang atau desa lembang merupakan 10 terbaik desa di Indonesia, merupakan salah satu daerah dataran tinggi yang terkenal di Indonesia. Hal ini karena Lembang menawarkan aneka wisata alam asri, udara sejuk, dan pemandangan alam yang hijau.Kecamatan Lembang berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut. Titik tertingginya ada di puncak Gunung Tangkuban Parahu. Sebagai daerah yang terletak di pegunungan, suhu rata-rata berkisar antara 17°-27 °C.

Floating Market Lembang, dahulunya adalah Pemancingan Situ Umar di Desa Lembang, pemancingan ikan paling terkenal dan paling lama berdiri. Sejak 2012 dikelola swasta menjadi objek wisata dengan konsep pasar apung yang sangat digemari.
Farm House Susu Lembang, terletak di Jalan Raya Lembang, dengan konsep perkebunan dan peternakan yang didesain dengan latar belakang ala Eropa. Tersedia beberapa fasilitas mulai dari tempat penjualan oleh-oleh dan suvenir, kafe indoor maupun outdoor, hingga bar. Selain itu, terdapat pula kebun buah dan sayur, tempat parkir, toilet untuk anak-anak, toilet untuk orang dewasa dan toilet untuk lansia atau disabilitas.
Observatorium Bosscha, observatorium tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1923. Biasa disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Sterwah. Wisata sains pendidikan dibuka untuk rombongan.

Air Terjun Maribaya, sejak 2015 menjadi Maribaya Resort adalah tempat rekreasi dimana terdapat sumber mata air panas. Dapat menghubungkan kawasan Lembang dengan Dago Pakar, cocok untuk melatih stamina kaki melalui jalan dari Maribaya ke Dago menyusuri sungai dan hutan.

Desa Cikole, dataran tinggi di Lembang yang mengarah ke Tangkuban Perahu, di malam hari Cikole merupakan tempat berkumpulnya kalangan muda atau para turis yang ingin merasakan kesejukan dataran tinggi lembang di malam hari sambil menikmati hidangan yang dijual disana. Terdapat beberapa lokasi outbonding di Cikole yang sangat sesuai untuk anak berumur 4-15 tahun untuk melatih keberanian serta mentalitas anak. Tantangan yang paling diminati adalah flying fox, trampholin, tunggang kuda, Roobin Hood, archering dan ATV motoring.

Di Kecamatan Lembang terdapat satu-satunya tempat pengamatan bintang di Indonesia yang dikenal dengan obervatorium bosscha yang dibangun oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda atau Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging(NISV). Obervatorium Bosscha dibangun selama lima tahun sejak tahun 1923 hingga tahun 1928. Saat ini Obervatorium Bosscha menjadi salah satu tujuan wisata edukasi di Bandung. Luangkan waktu anda bagi yang ingin memahami bandung, maka kunjungilah Desa Lembang, Bandung dengan penuh keindahan panorama alamnya. (diambil dari berbagai sumber) /sw

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed