oleh

Tips Mendapatkan Rumah di Bawah Harga Pasar

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Memiliki rumah sebagai tempat tinggal memang gampang-gampang susah. Jangankan di kota besar, kota kecil saja harganya sudah tergolong fantastis. Pasalnya, ketersediaan lahan yang terbatas dan tidak sebanding dengan tingginya permintaan membuat penjual mematok harga luar biasa untuk rumah.

Dengan sedikit trik dan kesabaran, mendapatkan rumah dengan kriteria tertentu masih masuk akal. Tertarik mendapatkan rumah murah? Berikut ini bocoran tipsnya:

1. Dekati special assets bank
Kunci utama untuk mendapatkan rumah murah adalah jaringan yang luas. Bila Anda cukup supel dan mudah bergaul, cobalah dekati salah seorang petugas special assets bank. Salah satu tugas pegawai bank satu ini adalah mengelola aset yang macet seperti kredit tanpa agunan dan kredit kepemilikan rumah.

Asal tahu saja, rumah merupakan benda yang paling sering dijadikan sebagai agunan kredit. Dan, tidak sedikit pula yang gagal bayar. Akhirnya, bank menyita jaminan tersebut. Agunan itu, kemudian dijual kembali, atau dilelang untuk menutup kerugian bank.

Biasanya, nilai rumah sitaan bank sangat jauh di bawah harga pasar. Harga murah, karena bank ingin secepat mungkin mencairkan aset tersebut dalam bentuk uang. Bila Anda punya kenalan seorang petugas special asset, mendapatkan info soal rumah murah bukan hal yang sulit.

2. Jadilah pemburu rumah
Kunci lain yang harus diterapkan bila ingin mendapatkan rumah dengan harga murah adalah menjadi pemburu. Anda tidak akan mendapatkan rumah murah di lokasi yang jadi incaran bila hanya sesekali lewat di tempat itu.

Cobalah untuk mencari kenalan warga setempat. Bahkan, bila perlu cobalah tinggal dengan cara mengontrak di lokasi sasaran selama bertahun tahun. Dengan tinggal di daerah itu, Anda akan tahu siapa warga asli yang punya kebutuhan uang mendesak dan ingin menjual rumahnya.

BACA JUGA:   AKP Budi Hartono Jadi Kapolsek Bantarujeg

3. Buang pulsa untuk agen properti
Cara terakhir juga efektif namun harus mengorbankan pulsa. Cobalah untuk mengontak sebanyak banyaknya agen properti. Jelaskan keinginan Anda dan bujet yang dimiliki. Minta update informasi bila ada penjual rumah yang menawarkan harga miring di daerah sasaran. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed