oleh

Tingkatkan Mutu dan Kerja Sama Luar Negeri, UGJ Terus Berprestasi

Citrust.id – Seiring tranformasi Universitas Swadaya Gunung Jati dari Unswagati ke UGJ, minat masyarakat terhadap UGJ tiap tahunnya terus meningkat. Terlihat dari jumlah mahasiswa yang bertambah hingga total lebih dari 12 ribu mahasiswa. Kuantitas itu tentu saja harus dibarengi dengan kualitas berupa prestasi-prestasi membanggakan, baik skala nasional maupun international.

Untuk mencapai kualitas kampus dengan manajemen yang sehat dan pelayanan prima, UGJ Cirebon juga telah memenuhi standarisasi manajemen mutu. Setelah melalui serangkaian penilaian secara intensif oleh Tim Auditor DAS Certification, UGJ kembali meraih Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Itu berarti, UGJ telah menerapkan sistem akademik dan kontinuitas pengembangan akademik secara baik.

Selain itu, penggunaan sistem teknologi informasi, audit internal, pengelolaan kemahasiswaan dan alumni, serta sistem akademik dan operasional dari masing-masing fakultas dan program studi telah berjalan secara profesional.

Dalam bidang penelitian, UGJ melejit mearih peringkat 152 Klaster Utama, dari 1977 jumlah Perguruan Tinggi se-Indonesia, dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi berbasis penelitian periode tahun 2016-2018, berdasarkan surat keputusan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Prestasi membanggakan yang diraih UGJ ini tertuang dalam SK NomorĀ  B/5678/E1.2.H.M00.03/2019 tanggal 13 November 2019, tentang Klaster atau pengelompokkan Perguruan Tinggi berbasis penelitian periode tahun 2016-2018 yang masuk Klaster Mandiri, Utama, Madya dan Binaan.

Untuk meningkatkan jejaring global, kerjasama dan kegiatan internasional terus dilakukan, dengan mengadakan ajang berkelas internasional, yakni International Conference on Accounting Management and Entrepreneurship (ICAMER) dengan menghadirkan narasumber dari Universiti Teknologi Mara Malaysia dan Universitas Pedidikan Indonesia (UPI).

Yang sama juga diagagas Fakultas Pertanian, dengan menggelar International Conference On Agriculture, Sosial Sience, Education, Technology, and Health (ASSETH) 2019, Kamis (17/10), dengan menghadirkan Prof. Bhantit Chetsawang dari Mahidol University Thalind, dan Prof. Dr. Hossein Mottaqhi dari Al Mustafa Intetnational University, Iran.

BACA JUGA:   Festival Kolang Kaling di Majalengka Masuk Rekor Muri

Kerja sama UGJ dengan instansi pemerintah dan swasta terus ditingkatkan, termasuk dengan perguruan tinggi mitra baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Didalam negeri, UGJ telah membangun kerjasama dengan sedikitnya 199 lembaga, sedangkan untuk kerja sama luar negeri selama kurun waktu 2019 ini tecatat sudah terjalin kerjasama dengan 23 perguruan tinggi luar negeri di Asia, Eropa dan Australia.

Kerja sama tersebut diikat dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), yang ditindaklanjuti melalui activity program yang tetuang dalam Memorandum of Agreement (MoA).

Untuk mewujudkan visi UGJ sebagai kampus berbasis riset di tahun 2034, UGJ melalui Fakultas Kedokteran mengirimkan 11 mahasiswa menjadi peserta program pertukaran mahasiswa (student exchange), dengan University de Poiters Francis dan Mahidol University Thailand.

Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ), Dadang Sukandar Kasidin, menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya terhadap jajaran Universitas yang telah mendorong semua Fakultas, Pascasarjana dan unit kerja yang lain untuk terus berprestasi memberikan yang terbaik guna pelayanan prima dan profesional untuk mahasiswa dan masyarakat.

“Kegiatan pertukaran mahasiswa FK UGJ dengan University de Poiters Francis dan Mahidol University Thailand telah dilakukan beberapa kali. Hasil dari kegiatan tersebut sangat memuaskan, sehingga kegiatan ini harus tetap dilaksanakan dan ditingkatkan,” katanya.

Selain itu, berbagai prestasi di bidang kemahasiswaan terus diukir mahasiswa UGJ Cirebon. Selama kurun waktu 2019, sebanyak 12 prestasi gemilang menambah deretan daftar prestasi mahasiswa UGJ dalam berbagai lomba di bidang olahraga, keilmuan, minat dan bakat mahasiswa di tingkat nasional.

Delapan prestasi diraih mahasiswa dari UKM Pendidikan dan Kebudayaan, dua prestasi dari UKM Olahraga, satu prestasi dari UKM Paduan Suara Mahasiswa, dan satu prestasi diraih oleh UKM Mapala Gunati.

BACA JUGA:   Trotoar Diperlebar, Jalan Siliwangi Bakal Makin Sempit

Rektor UGJ, Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si., menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ), yang telah mendorong dan mendukung penuh berbagai upaya peningkatan layanan berbasis standar manajemen mutu, dengan diraihnya Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

Pada bidang penelitian, pihaknya merasa sangat bangga karena dalam pemeringkatan di Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, bidang penelitian UGJ meraih klaster Utama dengan peringkat ke 152.

“Kami segenap sivitas UGJ bersyukur atas diraihnya berbagai prestasi yang sangat membanggakan. Terimakasih atas kinerja dan kerjasama kepala lembaga, badan, satuan, para dekan dan dosen, terutama kepada Ketua Yayasan, karena atas bimbingan, arahan dan suportnya, alhamdulillah berbagai prestasi dapat diraih UGJ. Ini sekaligus tantangan buat kami agar ke depan dapat terus lebih baik,” ujar Rektor. (Haris/Adv)

Komentar

News Feed