oleh

Tingkatkan Daya Saing Sambut MEA, BI Beri Motivasi Pelaku UMKM

CIREBON (CT) – Bank Indonesia mengundang motivator untuk para pelaku usaha di Ciayumajakuning, khususnya UMKM yang ada di wilayah III Cirebon pada Kamis (12/05). Kegiatan ini dilakukan agar pelaku usaha lebih siap bersaing menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.

M Abdul Majid Ikram selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon menjelaskan, diharapakan pengusaha kecil yang baru memulai usahanya dapat mendukung perekonomian Cirebon, dan tujuan dari seminar ini untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan para pelaku ekonomi di Ciayumajakuning.

Menurut Remaja Tampubolon, trainer dan motivator menjelaskan, pelaku usaha di Ciayumajakuning terlihat sudah cukup baik. Namun ia menyayangkan masih kurangnya semangat para pelaku usaha untuk berani dalam memperluas skala penjualan.

“Perlunya diberikan motivasi seperti ini bertujuan untuk membantu para pelaku usaha agar berani melangkah untuk lebih sukses,” jelas pria yang akrab disapa Jaja ini.

Di akhir acara, Remaja membagikan beberapa tips dalam memulai usaha seperti produk yang akan dijual harus bernilai.

“Kemudian buatlah orang agar bisa selalu membicarakan produk kita dengan memanfaatkan gaya hidup sekarang ini yang serba online,” papar Jaja.

Selain itu, pelaku usaha juga harus melakukan inovasi produk sesuai dengan apa yang sedang dipikirkan market.

“Hal yang terakhir pelaku usaha harus rendah hati, jangan sombong dengan hasil yang sudah di dapat sekarang,” tutup Remaja. (Wilda)

BACA JUGA:   KAI Daop 3 Cirebon Buka Peluang Kerja Sama Optimalisasi Aset

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed