oleh

Telah Dibuka, Rute Penerbangan Kertajati-Kualalumpur

Citrust.id – Maskapai Malaysia Air Lines membuka penerbangan internasional dari Bandara Kertajati-Kualalumpur. Penerbangan dilakukan dengan pesawat B 737-800 berkapasitas 160 orang serta 16 tempat duduk kelas bisnis dan 144 ekonomi.

CEO Malaysia Ailines, Hazman Hilmi Sallahuddin, mengatakan, penerbangan yang dilakukan maskapai tersebut dilakukan setiap Senin dan Kamis. Keberangkatan dari Kualalumpur dilakukan setiap pukul 18.20 waktu setempat dan tiba di Kertajati pukul 19.45 WIB. Berangkat lagi dari Kertajati sekitar pukul 20.25 WIB dan tiba di Kualalumpur sekitar pukul 24.10 waktu setempat.

Disampaikan Hazman, pilihan Bandara Kertajati setelah dilakukan analisa cukup lama dan matang selama 10 bulan. Kertajati adalah bandara terbesar kedua di Indonesia. Diharapkan penumpangnya akan sangat mendukung prospek bisnis ke depan. Itu didukung banyaknya warga Malaysia yang melakukan perjalanan ke Bandung untuk berbelanja dan berwisata. Demikian juga sebaliknya, banyak warga Indonesia yang bepergian ke Malaysia.

“Bandara ini menjadi alternatif kedua. Perhitungannya dari Bandara Kertajati ke Bandung cukup dekat. Apalagi jika nanti jalan Tol Cisumdawu selesai akan lebih mempersingkat waktu tempuh. Banyak warga Malaysia yang bepergian ke Bandung berbelanja dan berwisata, dari Jawa Barat juga yang ke Malaysia banyak. Kami juga menyediakan wisata dan pelayanan rumah sakit,” ungkap Hazman, Jumat (14/2).

Di samping itu, banyaknya jemaah umrah asal Jawa Barat sehingga pasar itu juga menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk membuka rute Kertajati-Kualalumpur. Jemaah umrah yang akan berangkat bisa disinggah terlebih dulu di Malaysia dan baru melanjutkan perjalanannya menuju Jedah atau Madinah.

Pilot Malaysia Airlines, Izham Ismail, mengungkapkan kesan yang sangat baik terhadap Bandara Kertajati. Menurutnya, bandara itu menjadi pintu masuk yang strategis dan layanan yang sangat baik. Landasan pacu pun nyaman dituruni pesawat.

BACA JUGA:   PWI Majalengka akan Gelar Penanaman Seribu Pohon

Dwi Afrianto, Kasubdit Standarisasi Keselamatan Bandara Kementerian Perhubungan, mengungkapkan, Malaysia Airlines adalah maskapai pertama yang melakukan penerbangan internasional ke Kertajati. Hal itu diharapkan bisa terus berlanjut dan mampu menggerakan ekonomi masyarakat.

“Ini memecahkan telur penerbangan internasional di Bandara Kertajati. Pemkab Majalengka hendaknya bisa menyediakan fasilitas hotel dan rumah sakit setara internasional,” ujarnya.

Hal itu sekaligus menanggapi pernyataan Asda II Bidang Pembangunan Setda Majalengka, Wawan Suandi. Ia mengatakan, di Majalengka belum tersedia hotel bintang. Beberapa waktu kedepan sudah bisa tersedia karena sejumlah perusahaan tengah membangun hotel bintang di Kecamatan Kertajati.

Direktur BIJB, M. Singgih, menyampaikan terima kasih terhadap maskapai yang bersedia membuka penerbangan ke Bandara Kertajati.

‘Diharapkan bisa terus berkelanjutan dengan tingkat keterisian penumpang yang cukup banyak,” ucapnya. (Abduh)

Komentar

News Feed