oleh

Teknologi Baru yang Bisa Bantu Nelayan Tangkap Ikan Banyak

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Berdasarkan data dari FAO Report The State of World Fisheries and Aquaculture 2014, Indonesia ditahbiskan sebagai salah satu produsen terbesar dalam budidaya laut.

Namun sayangnya, sebagian besar nelayan di Indonesia masih menggunakan teknik tradisional serta peralatan yang kurang efisien. Melihat hal itu, Sahabat Pulau, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di Indonesia di bidang pemberdayaan berbasis sosial-kewirausahaan bagi perempuan pesisir dan pemberdayaan berkelanjutan, mengembangkan prototipe perangkat berbasis mikro kontoler Intel bernama Juku Tech yang bertujuan untuk membantu nelayan meningkatkan jumlah tangkapan ikan.

Berdasarkan data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS), sektor perikanan Indonesia tumbuh sebesar 8.37 persen (tahun per tahun) pada kuartal ketiga 2015, jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional secara keseluruhan (pada angka 4,73 persen, tahun per tahun) di kuartal yang sama. Ekspor Indonesia dari hasil perikanan tercatat sebesar USD 244.6 juta pada bulan Oktober 2015, sedangkan impor hanya mencapai USD12.5 juta (surplus perdagangan sebesar USD 232.04 juta). (Net/CT)

BACA JUGA:   Anak Jalanan Diminta Tak Memalak Sopir Angkot

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed