oleh

Sembilan Warga Majalengka Positif Covid-19 melalui Transmisi Lokal

Citrust.id – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka kembali melonjak lonjakan pada Jumat (28/8). Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Majalengka, ada penambahaan sembilan orang yang dinyatakan positif.

Rinciannya, delapan 8 orang dari Kecamatan Leuwimunding tertular akibat trasmisi lokal. Mereka disarankan melakukan isolasi mandiri karena tidak mengalami gejala. Sedangkan satu orang dari Kecamatan Rajagaluh. Kini ia dirawat di ruang isolasi RSUD Cideres Majalengka.

Juru Bicara Covid-19 Majalengka, Alimudin menuturkan, penambahaan kasus tersebut merupakan hasil tracing Tim Gerak Cepat (TGC) Covid-19 Puskesmas Leuwimunding bersama unsur muspika setempat. Mayoritas yang terpapar di Leuwimunding berasal dari klaster Semarang. Warga yang positif dan tengah isolasi mandiri mendapat pengawasan ketat dari petugas.

“Kasus positif Covid-19 di Majalengka sekarang bukan lagi imported case, tetapi sudah menjurus ke transmisi lokal. Kebanyakan mereka tidak mengalami gejala seperti pada umumnya,” katanya.

Penambahaan sendiri diketahui setelah pihaknya terus memburu orang yang pernah kontak erat dengan pasien yang pernah dinyatakan positif.

“Contoh, saat ini ada sembilan orang positif. Kami langsung melakukan pelacakan melalui tes swab terhadap orang-orang yang pernah komunikasi dengannya. Jadi, saya perkirakan kasus positif ini akan terus bertambah setiap harinya,” paparnya.

Guna memutus mata rantai penyebaran ini, lanjut Ali, perlu peran semua pihak agar berpartisipasi aktif. Di samping itu, pemerintah mengeluarkan beragam kebijakan dan langkah-langkah nyata lainnya.

“Masyarakat jangan pernah lelah untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Sebab hanya dengan cara itu, kita bisa mencegah penyebaran virus ini,” tuturnya. (Abduh)

BACA JUGA:   Bupati Kuningan Dinilai Tak Memihak Rakyat

Komentar

News Feed