oleh

Sambut Hari Jadi, Damkar Kabupaten Cirebon Gelar Lomba Ketangkasan

Citrust.id – Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Cirebon menggelar lomba skill competition atau ketangkasan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP, dan HUT ke-57 Sat Linmas di lapangan kantor dinas setempat, Kamis (28/2/2019).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Iis Krisnandar melalui Sekdis Damkar Dadang Ahmad Kosasih mengatakan, ada 6 daerah yang mengikuti kompetisi, yakni Kabupaten dan Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan Kabupaten Brebes.

“Skill competition ini digelar juga diseluruh Disdamkar se-Indonesia. Dimana dalam pelaksanaannya kita ingin melatih ketangkasan para anggota khususnya di lingkup wilayah perbatasan,” ungkapnya.

Dirinya menyampaikan, sinergitas antar Disdamkar tidak bisa dipisahkan. Contohnya apabila di terdapat kejadian di suatu daerah kemudian daerah tersebut memerlukan tenaga bantuan, Damkar yang ada di daerah perbatasan harus siap siaga membantu.

“Damkar itu kerja sosial dan kemanusiaan. Jika ada yang memerlukan bantuan, kami yang berada di perbatasan harus selalu siap,” tambahnya.

Adapun yang diperlombakan dalam skill competition adalah penanganan saat kejadian kebakaran. Mulai dari kesiapan siagaan petugas dalam memakai seragam, tarik selang, dan evakuasi korban.

Sebelumnya, Disdamkar Kabupaten Cirebon telah menggelar bakti sosial donor darah pada hari kemarin. Sedangkan untuk HUT Damkar tingkat nasional ke-100 akan diselenggarakan di Kota Pekanbaru Provinsi Riau pada 4 Maret 2019.

Di Kabupaten Cirebon, HUT kali ini merupakan tahun kedua dan rencananya akan diselenggarakan pada 12 Maret 2019 di Stadion Ranggajati.

“Dalam HUT nanti akan ada penandatanganan MoU antara walikota/bupati dan damkar di enam wilayah perbatasan,” tandasnya. (Dhika)

BACA JUGA:   Pimpinan RS Ungkap Penyebab Kasus Covid-19 Meningkat

Komentar

News Feed