oleh

Ribuan Mahasiswa Baru UGJ Ikuti PKKMB

Citrust.id – Ribuan mahasiswa baru Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2019/2020.

Kegiatan itu mengangkat tema Membangun Integritas dan Meningkatkan Intelektual Mahasiswa Baru dengan Semangat Juang Tridharma Perguruan Tinggi.

Rektor UGJ, Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si., mengutarakan, mahasiswa baru UGJ tahun akademik 2019/2020 sebanyak 2.435 orang. Melalui PKKMB, mereka diperkenalkan sistem pendidikan tinggi dan paradigma belajar di perguruan tinggi, termasuk sejumlah organisasi kemahasiswaan di dalamnya.

“PKKMB juga bertujuan meningkatkan keakraban dan keharmonisan antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama serta seluruh warga kampus UGJ,” kata Rektor, Selasa (24/9) di The Radiant, Cirebon.

Dirinya meyakini, para mahasiswa baru bergabung bersama UGJ dengan berbagai tujuan yang mengarah kepada kesejahteraan yang lebih baik di masa depan.

“Untuk itu, diharapkan seluruh mahasiswa dapat belajar dan mengasah keterampilan secara kreatif, inovatif, baik, dan bersungguh-sungguh tanpa melanggar rambu-rambu atau norma yang ada,” jelas Rektor.

Di UGJ, lanjutnya, seluruh peraturan yang ada tersusun secara sistematis. Dengan sistem itu, kehidupan kampus yang mencerminkan suasana akademik yang kondusif akan tercipta.

“Proses pembelajaran di UGJ Insya Allah akan menjadikan para mahasiswa sebagai anak bangsa yang sanggup memenuhi kewajiban dan akuntabel untuk menyumbangkan keahlian bagi nusa, bangsa, almamater, dan agama,” ucap Rektor.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati, Dadang Sukandar Kasidin, menyampaikan, mahasiswa jelas berbeda dengan siswa. Kata “maha” yang disematkan adalah sebuah cerminan seorang yang istimewa.

Dadang menambahkan, mahasiswa belajar bertindak sesuai perilaku, ucapan, dan perbuatan. Mahasiswa juga harus bermanfaat dan berarti bagi orang lain.

“Tak kalah penting, mahasiswa harus belajar saling menghargai dan menghormati sehingga tercipta kehidupan kampus yang ilmiah sekaligus menyenangkan,” pungkasnya. (Haris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed