oleh

Ratusan Mahasiswa Poltekesos Bandung KKN di Majalengka

Citrust.id – Ratusan mahasiswa Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung tahun akademik 2020 mengadakan praktikum di enam kecamatan di Kabupaten Majalengka. Praktikum tahap akhir itu dilaksanakan selama 2,5 bulan, terhitung mulai 12 Februari hingga 22 April 2020.

Wakil Direktur I Bidang Akademik Poltekesos, Dr. Admiral Nelson Aritonang Ph.D, mengatakan, praktikum tersebut diikuti 380 mahasiwa beserta 85 dosen pembimbing. Praktikum akan dilaksanakan di enam kecamatan, yakni Kecamatan Lemahsugih, Kertajati, Jatitujuh, Palasah, Jatiwangi, dan Kecamatan Malausma.

“Mahasiswa praktikum akan melaksanakan perkerjaan sosial makro, yang mencakup penggunaan berbagaibmetode yang digunakan untuk mengubah sistem arah komunitas di tingkat desa yang terintegrasi dengan kewenangan pemerintah kabupaten,” jelasnya.

Praktikum 3 itu bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam melakukan praktek pekerjaan sosial makro terhadap komunitas. Mahasiswa bersama masyarakat akan mengidentifikasi kebutuhan dan masalah serta akan mencari solusi baru melalui pendekatan sistem sumber daya yang ada di masyarakat. Intinya, mengembangkan masyarakat untuk lebih mampu sesuai dengan sistem mereka dalam rangka meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat.

“Pemilihan Kabupaten Majalengka sebagai lokasi praktikum karena memiliki ciri khas tersendiri dengan kreativitas masyarakatnya yang semakin berkembang. Lokasinya pun strategis dan mudah dijangkau serta perkembangan pembangunan yang dinamis di berbagai sektor,” jelas Admiral.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, Ahmad Sodikin, mengatakan, pada hakikatnya, praktikum akhir atau biasanya disebut KKN adalah objeknya belajar. Pelajaran yang diterima secara keilmuan dapat diuji dan diterapkan di lapangan. Antara teori dengan kondisi di lapangan bisa sinkron dan dijalani. Praktikum ini merupakan pembentukan menghadapi dunia yang sebenarnya dalam pbermasyaraka.

“Semoga para mahasiswa Poltekesos Bandung dapat mentransformasikan ilmu yang didapat di perkuliahan sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan berkontribusi kepada Pemkab Majalengka,” pungkasnya. (Abduh)

BACA JUGA:   HUT Ke-62, PAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon Terus Tingkatkan Kualitas Layanan

Komentar

News Feed