oleh

Rangkul Guru PKn, Selly Ingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter

Citrust.id – Anggota Komisi VIII DPR RI, Hj Selly Andriyani Gantina AMd memberikan sosialiasi empat pilar kebangsaan kepada para guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang mengajar di SMP swasta di wilayah timur Kabupaten Cirebon, Minggu (30/5) pagi, di SMP PGRI Babakan Cirebon.

Selly menjelaskan, tentang pentingnya membumikan nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kepada siswa, terutama saat melalui pembelajaran sekolah.

“Selama masa pandemi Covid-19, guru PKn dituntut untuk memberikan pendidikan karakter dari nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan. Namun, dalam pelaksanaannya kerap mengalami kesulitan,” jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan tersebut menjelaskan, bahwa selama pembelajaran dilakukan secara dalam jaringan (daring), guru dituntut lebih inovatif dalam metode pembelajaran serta menyesuaikan kurikulum yang berlaku.

“Hal tersebut untuk mencegah anak terkontaminasi dari paham yang keliru, yang muncul akibat ketimpangan di lingkungan sekitar,” terang Selly.

Menurut Selly, metode pembelajaran baru sangat diperlukan untuk membangkitkan semangat anak muda yang sesuai dengan nilai empat pilar kebangsaan.

“Pembelajaran daring saat ini memberikan dampak serius terhadap pembentukan karakter kebangsaan kepada siswa,” ujar mantan wakil bupati Cirebon.

Oleh sebab itu, kata Selly, pemda dan semua stakeholder perlu merumuskan strategi dan inovasi pembelajaran yang efektif di masa pandemi Covid-19, agar tidak menimbulkan persoalan baru bagi generasi muda.

Salah satu guru PKn, Syafaat mengatakan, pendidikan karakter sangat penting bagi siswa. Ia juga menilai bukan hanya persoalan kedalaman materi, melainkan implementasi dari wawasan kebangsaan pada siswa.

“Pendidikan karakter siswa diperlukan juga ketegasan guru terhadap siswa. Guru harus menjadi contoh agar siswa memiliki teladan saat diberikan pembelajaran,” katanya. (Aming)

Komentar

News Feed