oleh

PT KAI Daop 3 Cirebon Terapkan Mesin Check in Mandiri

CIREBON (CT) – Dua hari yang lalu, Sabtu (02/07), Dop 3 PT Kereta Api menerapkan Mesin Check in Mandiri. Mesin Check In Mandiri (CIM) tersebut salahsatu keunggulanya ialah dapat menghemat pengeluaran PT Kereta Api sampai 5 Miliar.

Hal tersebut disampaikan Manager Humas PT KAI Daop III Cirebon, Eko S. Mulyanto saat menerangkan kelebihan dari CIM bila dibanding dengan mesin sebelumnya,yakni Cetak Tiket Mandiri (CTM).

“Bila pakai CIM ini, bentuk tiketnya lebih minimalis dibanding dengan tiket yang biasanya. Hal ini dapat menghemat bagi PT Kereta Api seluruh Indonesia sampai 5 miliar,” jelasnya.

Selain keuntungan yang didapat oleh PT kereta Api, dirinya juga menjelaskan, bahwa mesin CIM tersebut memberikan kemudahan lebih pada penumpang. Di mana, penumpang jelasnya, sudah dapat jauh-jauh hari,maksimalnya 10 jam sebelum keberangkatan dapat mencetak tiket.

“Kadang-kadang kalau boardingnya kurang awas,penumpang sering kali keliru, kadang telat sampai ketinggalan kereta. Dengan mesin ini, maksimal 10 jam penumpang bisa mencetak terlebih dahulu,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui publik pencatakan tiket kereta api, baru bisa dilaksanakan satu jam sebelum keberangkatan, namun,dengan CIM penumpang bisa lebih awal mencetak tiket. Mesin CIM sediri,baru diterapkan di Daop 6, 7, 8, dan Gambir, selain Cirebon tentunya. Selebihnya, jelas Eko masih menggunakan mesin CTM.

“Kalau di CTM ini tidak ada satu menit, proses cetak tiket sudah selesai. Kalau sebelumnya (CTM -red), satu tiket bisa sampai tiga menit lebih,” terang Manager Humas Daop 3 tersebut. (Roy)

BACA JUGA:   Warga Sutawinangun Demo Tolak Hasil Pilwu

Komentar

News Feed