oleh

Presiden Jokowi Dijadwalkan Besok Hadiri Haul Buntet Pesantren

Cirebontrust.com – Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo akan mengunjungi Pondok Buntet Pesantren, Desa Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Kamis (13/04).

Presiden RI ke-7 ini, akan menghadiri acara peringatan Haul Sesepuh Al-Marhumin dan Warga Pondok Buntet Pesantren. Selain itu, presiden juga direncanakan akan meresmikan Indor Sport Hall dan Audotorium Mbah Muqoyyim, serta Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren.

“Acara puncak haulnya, sebenarnya tanggal 15 April mendatang. Tapi Pak Presiden bisanya tanggal 13 april besok,” ujar Muhammad Anas, Ketua Panitia Haul Buntet, Rabu (12/04) memastikan jika presiden bakal hadir.

Pesantren Buntet, bagi Jokowi sudah tidak asing lagi. Pasalnya, mantan Wali Kota Solo itu pada saat masa pencalonan presiden, pernah berkunjung ke pesantren NU tersebut. Bahkan, pada Januari 2016 lalu, Jokowi sudah menjadwalkan akan hadir di Pesantren Buntet.

“Tapi waktu itu, ada Bom Sarinah. Jadi kunjungannya dibatalkan,” ujar Anas.

Rencana kunjungan sang Presiden di Ponpes Buntet sudah terlihat saat ini juga. Pasalnya, saat ini dibeberapa titik lokasi di wilayah tersebut terlihat segerombol orang berperawakan gagah dan berseragam serba hitam berjaga.

Bahkan, segrombolan orang tersebut yang diketahui adalah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah berkeliaran di wilayah tersebut, sejak ‎satu minggu sebelum agenda kunjungan presiden.

Hal itu dilakukan demi menciptakan situasi yang kondusif, dari berbagai gangguan ketika mantan Gubernur DKI Jakarta itu ‎berkunjung ke Ponpes Buntet.

Perlu diketahui, Ponpes Buntet merupakan salah satu pondok pesantren tertua, dan berpengaruh di Jawa. Sejumlah pejabat kerap hadir di Pondok Pesantren yang terletak di wilayah Pantura Cirebon ini.

Bahkan, mantan Presiden Ke-4 KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur), menjadikan kiai sepuh di Pondok Buntet Pesantren sebagai rujukan, dalam menentukan kebijakan.‎ (Riky Sonia)

Komentar

News Feed