oleh

PPI Deklarasikan Sekolah Tani di Kecamatan Arahan dan Cantigi

Indramayutrust.com – Perhimpunan Petani Indramayu (PPI) deklarasikan sekolah tani, sebagai bentuk pemberdayaan petani dalam rangka meningkatkan SDM petani demi mewujudkan program kedaulatan pangan nasional.

Acara yang di gelar di lapangan Polsek Arahan tersebut, selain deklarasi, sebelumnya PPI juga menggelar istighosah dan doa bersama menjelang panen, agar terhindar dari masalah pertanian seperti hama dan irigasi, juga berharap agar hasil panennya melimpah.

PPI yang terdiri dari para kelompok tani di wilayah kecamatan Arahan dan Cantigi tersebut menyambut gembira dengan adanya rencana sekolah tani, dalam kegiatan tersebut juga didukung oleh KTNA dan Muspika setempat.

Sekjen PPI, Nasir mengatakan bahwa sekolah tani tersebut sangat penting untuk meningkatkan kapasitas sumber daya petani, terutama terkait bagaimana berupaya meningkatkan produksi.

Menurutnya, sekolah tani tersebut berguna untuk para petani, apalagi wilayah Arahan dan Cantigi merupakan daerah hilir, yang permasalahan utama adalah soal irigasi, sehingga perlu adanya peningkatan SDM petani agar bisa mencari solusi alternatifnya.

“Sekolah tani bisa menjadi wahana belajar interaktif secara positif dan juga berperan sebagai lumbung informasi bagi petani untuk mendapatkan akses yang luas terkait masalah pertanian,” ungkapnya, Senin (29/08)

Sementara, ketua KTNA kecamatan Arahan, Kastiwan mengapresiasi dengan adanya Sekolah Tani tersebut, ia berharap agar sekolah tani bisa dimanfaatkan untuk membantu setiap program pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten.

“Semoga dengan adanya sekolah tani ini, para kelompok tani bisa memanfaatkan program pemerintah dengan baik. Kalau ada masalah seperti soal penyakit dan irigasi, silahkan laporkan, kita cari solusinya bersama-sama,” jelasnya.

Pihak Muspika dari Polsek Arahan, Imong, juga memberikan apresiasinya, jika dengan adanya sekolah tani ini bisa meningkatkan hasil produksi padi di wilayah kecamatan Arahan dan Cantigi.

BACA JUGA:   KPU Majalengka Raih Dua Penghargaan Tingkat Jabar

“Nanti bisa saling mengawasi soal irigasi dan semoga bisa meningkatkan hasil produksi pertanian di Arahan dan Cantigi. Kami mendukung sepenuhnya, yang penting jaga kondusifitas,” pungkasnya. (Didi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed